6 Manfaat Mengkonsumsi Daun Singkong

127 views

manfaat-daun-singkong-untuk-kesehatan

Singkong merupakan salah satu umbi-umbian yang memiliki kadar karbohidrat yang tinggi. Oleh karena itu, singkong juga dapat dijadikan menu makanan pokok pengganti nasi. Olahan singkong pun sudah sangat banyak, mulai dari singkong goreng atau direbus, singkong keju, kripik, kerupuk serta dapat diolah menjadi tepung tapioca.
Dari sekian banyak jenis umbi-umbian, singkong termasuk salah satu tanaman yang semuanya dapat dimanfaatkan. Mulai dari akar yang dijadikan singkong, batang yang dapat dijadikan bibit, serta daunnya yang dapat dibuat sayur. Selain itu daun singkong juga dapat dimanfaat kan bagi kesehatan, hal ini dikarenakan didalam daun singkong terdapat kandungan berupa Vitamin A, C, Serat, zat besi serta isoflavon.
Adapun beberapa manfaat dan khasiat daun singkong bagi kesehatan adalah :

1. Mencegah Stroke
Menurut beberapa penelitian, kandungan isoflavon yang terdapat dalam daun singkong memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit stroke. Oleh karenanya, rajin mengkonsumsi sayur daun singkong dapat mencegah anda dari penyakit stroke.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Daun singkong juga memiliki kandungan vitamin c yang sangat banyak, dimana salah satu fungsi vitamin C adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi, mengkonsumsi daun singkong secara rutin dapat membuat anda jauh dari berbagai penyakit.

3. Menyehatkan Mata
Vitamin A juga terdapat dalam kandungan daun singkong. Manfaat vitamin A sudah tidaklah asing lagi, oleh karena itu mengkonsumsi daun singkong juga dapat menyehatkan mata. Agar mendapatkan manfaat ini dianjurkan untuk menkonsumsi daun singkong sebanyak 3 kali seminggu, dengan olahan apapun.

4. Menyembuhkan Luka
Kandungan serat dan zat besi yang terdapat dalam kandungan singkong, merupakan salah satu alternatif untuk mempercepat proses pengeringan luka. Selain itu juga dapat meminimalisir luka hingga tidak berbekas. Oleh karena itu, daun singkong juga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka.

5. Obat Anti Sakit Kepala
Daun singkong juga dapat digunakan sebagai obat anti sakit kepala. Yaitu dengan cara merebus daun singkong tanpa menggunakan santan, karena santan juga termasuk salah satu pemicu sakit kepala.

6. Mencegah Penuaan Dini
Bagi semua kaum hawa, mencegah penuaan adalah hal penting yang harus dilakukan. Bahkan tidak sedikit dari mereka rela mengeluarkan biaya besar hanya untuk menjaga agar tetap terlihat muda. Jika saja mereka tahu daun singkong juga bermanfaat untuk mencegah proses penuaan, maka tentu biaya yang dikeluarkan jauh lebih ekonomis.

Demikianlah beberapa manfaat dan khasiat daun singkong bagi kesehatan. Untuk mendapatkan manfaat yang benar-benar maksimal, maka dianjurkan untuk mengkonsumsi daun singkong secara rutin dan teratur.

Tags: #Daun #Manfaat #Singkong