Bila Anda Penggemar Lalapan daun Kemangi ini Manfaat dan Khasiatnya Bagi Kesehatan

daun-kemangi-manfaatnya

Kemangi adalah salah satu jenis tanaman yang dapat tumbuh dengan sangat mudah, khususnya di daerah penghujan. Karena mudahnya tumbuh di daerah penghujan, mengakibatkan tanaman ini menyerupai rumput dan ukurannya pun kecil.
Tanaman ini juga memiliki ciri khas, yaitu rasa dan aromanya yang unik. Oleh karena itu, tanaman ini kadang dimanfaat kan sebagai lalapan saat sedang makan penyet ayam atau ikan. Selain itu tanaman ini juga kadang digunakan untuk bahan tambahan sayur, guna mendapatkan aroma yang wangi.
Selain untuk enak dan segar untuk dikonsumsi, daun kemangi juga bisa dimanfaat kan dalam dunia kesehatan. Adapun beberapa manfaat dan khasiat daun kemangi bagi kesehatan adalah :

1. Menjaga Kesehatan Mata
Karena kandungan vitamin A yang terdapat didalamnya, sehingga membuat daun kemangi memiliki manfaat untuk menjaga serta menyehatkan organ-organ mata. Adapun cara mengkonsumsinya yakni dalam bentuk mentah ataupun membuatnya dalam bentuk minuman.

2. Mengatasi Bau Mulut
Dikarenakan aroma daun kemangi yang khas akan wanginya, sehingga banyak yang percaya dengan mengkonsumsi daun kemangi dapat menghilangkan bau mulut dan bau badan. Oleh karena itu, banyak obat tradisional yang bahan utamanya terbuat dari daun kemangi.

3. Mencegah Penuaan Dini
Kandungan zat triptofan yang terdapat dalam daun kemangi memiliki fungsi untuk menghambat penuaan dan kulit keriput, serta dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Sehingga mengkonsumsi daun kemangi setiap hari dapat membuat Anda terlihat lebih muda.

4. Sebagai Antiradang
Kandungan zat cineole myrcene dan eugenol yang terdapat dalam daun kemangi berperan sebagai antibiotik didalam tubuh. Sedangkan fungsi dari antibiotik tersebut mencegah terjadinya peradangan. Oleh karena itu, mengkonsumsi daun kemangi secara rutin dan teratur membuat Anda terhindar dari peradangan pada tubuh.

5. Mengobati Keputihan
Bagi kaum hawa, tidak ada salahnya rajin mengkonsumsi daun kemangi. Karena kandungan antibiotik dalam daun kemangi dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab keputihan. Selain itu juga dapat menjaga agar alat reproduksi tetap sedap. Adapun caranya dengan mengkonsumsi daun kemangi sebagai lalapan saat sedang makan nasi.

Demikianlah beberapa manfaat dan khasiat daun kemangi bagi kesehatan. Dianjurkan mengkonsumsi daun kemangi mentah-mentah secara rutin dan teratur.

author
Author: 

    Leave a reply "Bila Anda Penggemar Lalapan daun Kemangi ini Manfaat dan Khasiatnya Bagi Kesehatan"