Inilah Penyebab Dan Cara Mencegah Serta Menurunkan Kolesterol Tinggi

79 views

penyebab-kolesterol-tinggi

Kolesterol merupakan bagian metabolis dalam tubuh yang memiliki kandungan lemak yang banyak. Sebagian orang menganggap kolesterol adalah penyakit yang dapat menimbulkan kematian. Tetapi pada kenyataannya kolesterol memiliki fungsi untuk mengubah serta membentuk Asam empedu dan hormon steroid.
Dalam ilmu kedokteran menyatakan tidak semua kolesterol memiliki dampak negatif bagi tubuh manusia. Karena pada kenyataannya tubuh manusia juga masih membutuhkan kolesterol, seperti kolesterol HDL yang memiliki kemampuan dalam melarutkan sel-sel kolesterol jahat.
Kadar kolesterol normal antara 160 – 200 mg. jadi, jika kolesterol tetap diturunkan dibawah 160 mg secara paksa dengan berbagai obat atau ramuan maka akan menyebabkan terjadinya katarak. Begitupun sebaliknya, jika kolesterol melebihi 200 mg maka dapat menjadi pemicu tumbuhnya berbagai penyakit berbahaya. Oleh karena itu, harus terjaga agar tetap seimbang karena kandungan lemak dalam pembentukan sel serta hormon dalam koleterol sangat diperlukan tubuh agar dapat tumbuh sehat dan normal.

Beberapa penyebab kolesterol adalah :

1. Keadaan Yang Tidak Terkontrol
Gen/Keturunan – Jika orang tua memiliki kolesterol tinggi maka anak-anaknya memiliki potensi untuk memiliki kolesterol 7 kali lebih lebih besar.
Usia – Usia juga mempengaruhi kolesterol dalam tubuh. Kolesterol tinggi kadang terjadi pada usia diatas 50 tahun. Namun bagi pria, kolesterol mulai tumbuh dan berkembang disaat usia 20 tahun. Tetapi kolesterol pada wanita memiliki potensi lebih cepat serta muda naiknya.

2. Keadaan Yang Terkontrol
Kolesterol dalam keadaan yang terkontrol terjadi akibat seseorang sendiri, yaitu dengan memakan makanan yang mengandung minyak/lemak seperti : biscuit, menteg serta makanan instan/siap saji. Selain itu kolesterol juga dapat terjadi akibat : stress, berat badan berlebih, kurang olah raga, minum kopi serta merokok. Inti dari keadaan yang terkontrol adalah kolesterol yang terjadi akibat pola hidup yang kurang sehat.

Beberapa Cara Mencegah Kolesterol :

Dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan serta sayuran yang mengandung serat yang tinggi.
Dengan mengurangi konsumsi daging : maksimal konsumsi 2 – 3 kali seminggu dan jangan terlalu berlebih.
Mengurangi konsumsi kuning telur : maksimal 1 – 3 kali seminggu.
Hindari makanan aneka macam seperti makanan instan atau siap saji.
Hindari makanan yang mengandung unsure hewani, seperti : hati, usus, otak dan ginjal.
Sebelum sarapan pagi, minumlah 1 hingga 2 gelas air putih.
Hindari mengkonsumsi makanan/masakan yang digoreng.

Beberapa cara menurunkan kolesterol :
1. Alpukat
Kandungan mineral serta vitamin yang terdapa dalam alpukat sangat baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu terdapat juga kandungan asam lemak yang memiliki fungsi untuk menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh. Bahkan alpukat juga merupakan makanan yang baik bagi pertumbuhan otak. Adapun cara penggunaannya yakni dengan membuat jus alpukat serta mencampurnya dengan gula atau madu. Apabila kadar kolesterol sudah sangat tinggi disarankan mengkonsumsi buah alpukat 3 kali/hari dalam bentu jus tanpa campuran apapun.

2. Tomat
Tomat merupakan jenis sayuran yang memiliki banyak kandungan seperti vitamin, protein, lemak, serat serta likopen yang baik dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki kolesterol tinggi. Adapun caranya yakni dengan membuat jus tomat dan meminumnya sebanyak 2 gelas/hari. Hal ini telah terbukti dalam menurunkan kadar kolesterol.

3. Teh Hijau
Teh hijau merupakan minuman pengganti kopi yang baik karena memiliki kandungan kafein yang lebih kecil serta mengandung antioksidan yang tinggi. Teh hijau juga memiliki fungsi untuk menyehatkan tubuh dan kulit serta mencegah penyakit kanker. Selai itu teh hijau juga dapat meningkat kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Adapun caranya dengan meminum teh hijau sebanyak 3 – 4 gelas/hari dengan sedikit tambahan gula.

Demikianlah beberapa penyebab dan cara mencegah serta menurunkan kolesterol secara alami. Masih banyak bahan alami yang memiliki kemamapuan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Oleh kerana itu, jangan terlalu terpaku dengan obat atau resep yang diberikan dokter. Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat secara maksimal, maka lakukanlah dengan rutin dan teratur.

Tags: #Cara #Kolesterol #Lifestyle #Penyebab

Leave a reply "Inilah Penyebab Dan Cara Mencegah Serta Menurunkan Kolesterol Tinggi"

Author: 
    author