4 Tips Mendesain Taman Rumah Ukuran Kecil Yang Baik dan Benar

60

taman-rumah-minimalis

Anda memiliki taman rumah dengan ukuran yang kecil dan terbilang mungil namun bingung untuk menentukan dekorasi yang tepat? Menyulapnya menjadi tempat untuk keluarga berkumpul dan bersantai menjadi pilihan yang tepat. Anda juga dapat memanfaatkannya sebagai tempat anak bermain atau ruang tamu dan dapur dengan ukuran yang minimalis.

Seorang desainer bernama Gould, menggunakan teknik yang lama dia pelajari, yakni membuat dinding seolah menyatu dengan lantai sehingga terlihat lebih luas. Gould menyarankan untuk menggunakan keramik berukuran besar yang biasa diterapkan untuk desain kamar mandi agar tidak terkesan sempit.

  1. Ukuran Menentukan

Konsep yang biasa diterapkan di kamar mandi berukuran kecil dengan keramik yang berukuran besar dapat Anda terapkan pada taman mungil Anda. Penambahan pot dan hiasan taman lainnya dengan ukuran yang berbeda-beda akan lebih mempercantik taman mungil Anda. Taman akan terlihat lebih menawan dan lebih luas. Untuk memberi kesan natural dan eksotis, Anda dapat membuat air mancur di sekitar taman.

  1. “Menyembunyikan” Taman

Selain menggunakan keramik yang besar untuk membuat taman terasa luas, membuat taman mungil Anda terlihat “tersembunyi” dengan menggunakan pagar juga menjadi solusi yang perlu Anda coba. Penambahan tanaman-tanaman kecil seperti dedaunan di sekitar pagar akan menambah keindahan taman.

  1. Sediakan Garis

Membuat pagar-pagar di taman serta jalan setapak vertikal dapat memberikan kesan taman nampak panjang. Beri sentuhan nuansa alam dengan menaruh bebatuan kecil di sepanjang jalan setapak.

Menurut Raymond yang dikutip dalam Dwell mengungkapkan bahwa “Keseluruhan taman tidak dapat Anda lihat hanya dari satu sudut pandang. Anda tidak yakin di mana letak berakhirnya taman karena taman Nampak lebih besar dari aslinya.

  1. Sediakan Warna Terang

Taman dengan tanaman dedaunan akan mudah dirawat. Namun menanam bunga akan membuat taman yang mungil terasa seperti taman yang luas. Anda dapat memilih warna bunga yang terang untuk menambah kesan keluasan taman. Pilih tanaman yang memberikan hawa sejuk akan membuat Anda betah dan nyaman untuk berlama-lama bersantai di taman.