5 Hal Ini Yang Harus Anda Lakukan Sebelum Pindah Rumah

47

Tips-Ketika_Pindah_Rumah

Punya rumah baru pastinya sangat menyenangkan, apalagi untuk pasangan suami istri yang baru menikah. Kegiatan berbenah rumah menjadi sebuah tantangan tersendiri. Namun, acapkali Anda sering direpotkan dan dibuat jengkel sewaktu berbenah. Mulai dari bersih-bersih rumah, merapikan barang-barang yang akan dibawa, hingga mengangkut dan memindahkannya ke rumah baru. Belum lagi Anda harus menata kembali semua perabotan dengan rapi yang tentunya akan membutuhkan waktu dan tenaga yang ekstra.

Banyaknya boks barang bawaan yang masih berantakan membuat Anda semakin membuat Anda semakin emosi, jengkel, bahkan stress kalau ada barang yang harusnya Anda bawa malah tertinggal di rumah yang lama sehingga Anda harus balik lagi ke sana untuk mengambilnya. Hal ini menjadi efisien karena tenaga dan waktu Anda semakin terkuras habis dan kelelahan.

5 Cara berikut akan memudahkan Anda ketika akan pindah rumah. Selain praktis dan mudah, cara ini juga bisa menghemat pengeluaran Anda.

  1. Atur Waktu Jauh Hari

Pindah rumah berarti akan ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Akan lebih baik jika Anda melakukan semua persiapan di jauh-jauh hari sebelum Anda pindah ke rumah baru. Buat catatan kecil yang berisi daftar barang mana saja yang akan Anda bawa. Ini akan memudahkan ketika Anda mengecek seluruh barang bawaan. Utamakan barang-barang yang paling Anda butuhkan terlebih dahulu.

Jika barang yang akan Anda bawa banyak, tentunya akan butuh waktu berjam-jam untuk mengepaknya. Bagi Anda yang rumah lamanya berlantai lebih dari satu, sebaiknya Anda mengemas barang-barang Anda mulai dari lantai yang paling atas lebih dulu sebelum menuju lantai paling bawah. Pastikan tidak ada barang yang tertinggal agar Anda tidak perlu naik turun tangga untuk mengambilnya kembali. Jangan menaruh barang ditumpuk begitu saja dalam satu wadah saja. Anda harus memisahkan dokumen-dokumen yang penting dan barang lainnya di wadah yang berbeda dengan tujuan agar mudah sewaktu Anda mencarinya.

  1. Jangan Mempekerjakan Tukang

Anda yang tingkat kesibukannya tinggi dan hampir tidak ada waktu berbenah rumah pasti langsung terpikir untuk memakai jasa tukang. Bagi Anda yang ingin berhemat tentu akan mempertimbangkannya kembali. Sebaiknya Anda melakukan pengepakan barang-barang Anda sendiri. Anda bisa melakukannya bersama pasangan Anda dengan memanfaatkan hari libur untuk berbenah rumah. Tidak perlu harus selesai satu hari itu juga, lakukanlah secara bertahap di setiap hari libur Anda. Gunakan waktu beberapa jam saja sehingga masih ada waktu untuk beristirahat.

Ketika akan memindahkan barang-barang ke rumah baru, gunakanlah jasa penyewaan mobil khusus untuk mengangkut barang. Mobil box atau truk akan jadi pilihan yang tepat dan efisien untuk mengangkut barang dalam jumlah yang banyak sekaligus, sehingga Anda akan menghemat biaya dan waktu.

  1. Jual atau Sumbangkan Barang-Barang yang Tidak Perlu

Banyaknya barang bawaan akan menambah beban muatan, apalagi jika sebenarnya Anda tidak membutuhkan lagi barang tersebut. Ini hanya akan membuat rumah baru Anda sesak dengan barang-barang tak terpakai. Sebaiknya Anda cek kembali daftar bawaan yang Anda buat sebelum pindah rumah. Pilih barang-barang yang terpenting dan paling dibutuhkan. Untuk barang-barang yang tak terpakai dan masih dapat digunakan, Anda bisa menyumbangkannya kepada orang yang lebih membutuhkan. Jika Anda membutuhkan uang tambahan, Anda juga dapat menjual barang-barang tersebut.

  1. Gunakan Boks

Mengepak barang tentu membutuhkan wadah untuk menyimpannya seperti boks. Pastikan jumlah boks mencukupi dan muat untuk menyimpan barang bawaan Anda. Manfaatkan boks yang ada di gudang rumah lama Anda yang masih bisa dipakai sehingga Anda tidak perlu susah payah mencarinya di toko-toko. Sebaiknya jangan mengisi boks sampai penuh bila menggunakan boks dengan ukuran yang besar, karena ini justru akan menyulitkan Anda saat mengangkatnya.

  1. Gunakan Tas Dan Koper

Anda juga dapat memanfaatkan tas dan koper yang Anda miliki. Tas dan koper bisa diisi dengan pakaian Anda, sehingga Anda tidak membutuhkan banyak boks untuk menyimpan barang bawaan.

 

Agen Poker
Loading...