6 Tips Praktis Merawat Tanaman Bagi Anda Yang Super Sibuk

45

cara-merawat-tanaman-mudah

Anda penyuka tanaman tapi tak punya waktu untuk merawatnya? Anda tak perlu khawatir. Enam cara berikut akan memudahkan Anda dalam merawat tanaman, meskipun sibuk dengan berbagai aktivitas yang memakan waktu banyak, dan membuat Anda hampir tidak ada waktu untuk merawatnya. Cara ini terbilang praktis. Yuk simak cara merawat tanaman berikut.

  1. Siramlah tananam dengan teratur

Seperti halnya manusia yang membutuhkan air setiap harinya, tanamanpun juga perlu air. Air sangat mempengaruhi tumbuh kembang tanaman. Maka dari itu Anda perlu menyirami tanaman Anda secara berkala dan teratur. Hal ini bisa Anda lakukan ketika Anda hendak keluar beraktivitas, sempatkanlah untuk menyiraminya setiap pagi.

  1. Tambahkan Penyaring

Untuk menghindari kelebihan air, Anda dapat memanfaatkan penyaring yang biasa digunakan untuk menyaring kopi. Anda cukup menaruhnya di dasar pot, kemudian barulah mengisinya dengan tanah. Ini akan membuat air yang berlebih mengalir melalui lubang drainase tanpa perlu takut tanahnya akan tergerus oleh air.

  1. Kopi Bubuk

Mencampurkan kopi bubuk dengan pupuk kompos diyakini dapat membantu pertumbuhan tanaman karena kopi bubuk kaya akan nutrisi. Namun perlu diingat, kopi bubuk disini adalah kopi asli alias kopi hitam yang belum tercampur dengan bahan lainnya. Jadi, jangan gunakan kopi instan ya…

  1. Spons

Selain menggunakan penyaring kopi, Anda juga dapat menggunakan spons yang diletakkan pada bagian bawah pot. Spons akan mengumpulkan kelebihan air sewaktu tanaman disiram. Air yang terkandung dalam spons akan membuat pot terasa lembab sehingga membantu Anda ketika tak sempat menyiraminya karena terburu-buru atau lupa menyiraminya.

  1. Biji Pohon Pinus

Menjadikan biji pohon pinus sebagai lapisan dasar pot atau di bawah tanaman dapat menghemat penggunaan tanah. Proses pembuangan airpun menjadi lebih mudah. Pot juga menjadi lebih ringan bila Anda ingin memindah letaknya.

 

  1. Kulit Lemon

Bagi Anda yang menyukai buah lemon, jangan buang kulitnya. Kulit lemon ternyata sangat bermanfaat karena dapat membantu bibit tanaman cepat tumbuh menjadi kecambah. Bila sudah mengeluarkan kecambah, Anda dapat memindahkan bibit atau benih ke dalam pot. Dapat juga dipindahkan dengan kulit lemonnya sekaligus.