8 Cara Praktis Menyusun Rak Buku Agar Cantik dan Menarik - Infotainment News Online Terkini

JagatTips

8 Cara Praktis Menyusun Rak Buku Agar Cantik dan Menarik

on

merawat-rak-buku

Setiap rumah tentunya memiliki rak untuk menyimpan buku-buku. Terlebih bagi Anda yang gemar membaca buku pasti banyak rak-rak buku di rumah Anda. Berikut beberapa cara untuk menyusun rak buku untuk mempercantik dekorasi ruangan rumah Anda.

Pertama, buatlah lapisan di dalam rak. Manfaatkan kedalaman rak secara maksimal. Aturlah letak buku sesuai dengan ukuran tinggi masing-masing buku. Mulailah dari bagian paling belakang dengan meletakkan buku yang berukuran besar hingga ke depan dengan buku yang terkecil. Ini akan menghilangkan kesan monoton tampilan rak buku. Usahakan untuk memisahkan buku sesuai tema dan jenisnya agar memudahkan Anda ketika mencarinya.

Kedua, tekstur yang berbeda pada setiap rak akan menciptakan kesan perasaan yang lebih personal.

Ketiga, kombinasikan isi rak dengan hiasan lainnya yang memiliki bentuk, ukuran, dan model yang berbeda agar tampilan rak lebih indah dan menarik. Berikan sedikit pencahayaan yang menarik untuk menyorot isi rak dengan menempatkan lampu-lampu kecil di bagian atas rak atau menggunakan lampu gantung di langit-langit.

Keempat, sesuaikan ukuran rak dengan ruangan. Ukur ruangan terlebih dahulu untuk menentukan ukuran rak yang Anda inginkan. Ukuran standar rak buku biasanya 30 cm – 40 cm pada kedalamannya.

Kelima, menambahkan beberapa tanaman hijau, kerang ataupun bunga yang diletakkan dalam vas cantik akan menciptakan kesan yang alami dan rak terlihat lebih bernyawa. Rak yang terbuat dari kayu akan terkesan klasik dengan membiarkan kayu terlihat natural tanpa cat.

Keenam, perhatikan keseimbangan tampilan rak mulai dari sisi kanan ke kiri dan atas ke bawah.

Ketujuh, bagi Anda yang suka mengoleksi pernak-pernik dengan ukuran kecil seperti mainan, Anda dapat menyimpannya ke dalam kotak atau keranjang yang indah. Hal ini akan kian mempercantik tampilan rak.

Kedelapan, jangan terlalu memaksakan rak untuk terisi penuh. Berilah ruangan kosong pada rak buku sehingga rak terkesan rapi dan indah dilihat. Menyusun buku dengan posisi berdiri akan lebih baik karena tidak akan makan banyak tempat disbanding dengan posisi ditumpuk.