Anda Mau Membeli Rumah di Dekat Jalan Raya?Ini 5 Resikonya Yang Harus di Ketahui

22

rumah-di-dekat-jalan-raya

Lokasi yang strategis dan akses yang mudah tentunya menjadi pengaruh bagi nilai jual properti. Sebagian orang berasumsi bahwa semakin dekat dengan jalan raya semakin tinggi nilai jualnya. Anda harus tahan akan kebisingan jalan raya, dan lalu lintas kendaraan yang sibuk lalu lalang dari pagi hingga malam, belum lagi polusi udara yang tercemar asap kendaraan bila ingin tinggal di rumah yang dekat dengan jalan raya. Disisi lain, ini akan menguntungkan Anda karena nilai properti akan terus merangkak naik dengan akses yang mudah. Namun, perlu Anda ketahui beberapa resiko sebelum Anda membeli rumah yang dekat jalan raya.

1, Semakin dekat, semakin baik

Dekat dengan jalan raya berarti tak luput dari kebisingan sekitar, hal ini tentu akan menjadi dampak negatif bagi nilai properti. Akan tetapi, banyaknya transportasi yang lalu lalang di jalan raya akan memudahkan kita pergi ke tempat manapun yang kita tuju. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa setiap meter rumah yang berbatasan langsung dengan stasiun kereta api tertentu memiliki nilai jual 38% lebih tinggi dibandingkan dengan rumah yang jauh dari stasiun kereta api.

Lalu apakah rumah yang dibeli atau dibangun sebelumnya tidak ada jalan raya akan menurunkan nilai properti Anda? Jawabannya, tergantung. Jadi, berdasarkan studi tentang nilai properti dan ekspansi jalan raya menunjukkan bahwa jarak, tingkat kebisingan, emisi gas buang atau sisa hasil pembakaran bahan bakar mesin kendaraan, serta getaran menjadi faktor yang mempengaruhi nilai jual rumah.

  1. Peningkatan Arus Lalu Lintas = Penurunan Tingkat Keselamatan

Dekat dengan jalan raya mungkin memiliki dampak positif dari segi bisnis, namun bagi komunitas perumahan ini akan menjadi dampak negatif karena jalan raya sudah pasti akan membawa peningkatan arus lalu lintas.

Banyaknya kendaraan yang melintas dengan tingkat kecepatan yang berbeda-beda menjadi momok tersendiri bagi pemilik rumah, khususnya bagi pemilik rumah yang mempunyai anak kecil yang suka bermain di halaman rumah. Ini juga menjadi hal yang harus Anda pertimbangkan sebelu membeli rumah.

Hal tersebut dapat Anda hindari dengan mendesain eksterior rumah yang lebih aman. Anda bisa menambahkan pagar atau gerbang yang lebih tinggi sehingga orang asing tidak dapat memantau rumah Anda dari luar. Untuk meredam kebisingan, Anda dapat membangun kolam dengan air terjun kecil di depan rumah, dan dinding hijau dapat meredam suara serta kian mempercantik rumah Anda.

  1. Menaikkan Nilai Jual Properti

Jalan raya benar-benar dapat meningkatkan nilai jual properti apabila daerah di jalan raya tersebut merupakan daerah yang komersial. Daerah dimana banyak orang yang melintasi kawasan tersebut terlebih menjadi pusatnya orang beraktivitas sehari-hari. Semakin sering orang berlalu lalang akan semakin tinggi pula nilai jualnya.

Masihkah Anda berminat membeli rumah dekat jalan raya?