Berikut 6 Kesalahan Yang Biasa Kita Lakukan Ketika Menyedot Debu

40

kesalahan-menyedot-debu

Apakah Anda menggunakan vacuum cleaner atau penyedot debu saat membersihkan ruangan atau karpet di rumah Anda? Bagi Anda yang super sibuk pasti menyukai hal-hal yang berbau praktis. Penyedot debu adalah alat yang praktis untuk membersihkan setiap sudut ruangan dalam rumah Anda. Namun, apakah Anda sudah menggunakan penyedot debu dengan benar?

Berikut ini adalah 6 (enam) kesalahan yang biasa dilakukan pada saat kita menggunakan penyedot debu.

  1. Menyedot Karpet Secara Searah

Menyedot debu pada karpet secara searah tidak akan menghilangkan seluruh debu dan kotoran yang menempel. Masih banyak debu yang tersembunyi dibalik karpet. Lakukanlah secara menyeluruh dari berbagai arah. Misalnya dari atas ke bawah, kemudian bawah ke atas, dari kanan ke kiri, dan sebailknya dari kiri ke kanan. Dan hal ini akan menyedot debu dan kotoran secara maksimal sehingga debu yang tersembunyi dibalik karpetpun akan tersedot.

  1. Membiarkan Kantong Debu Terisi Sampai Penuh

Kebiasaan orang pada umumnya akan membiarkan kantong mesin penyedot penuh. Bila sudah penuh barulah kotoran yang tersimpan pada kantong dibuang. Hal ini justru merupakan hal yang salah kaprah. Karena mesin penyedot justru tidak akan bekerja secara maksimal bila kantongnya terisi penuh dengan kotoran. Sebaikanya bila kantong sudah terisi setengah, segera dibuang.

  1. Terlalu Cepat

Penggunaan mesin penyedot debu yang terlalu cepat juga tidak akan membersihkan ruangan secara keseluruhan. Gunakanlah secara perlahan agar seluruh debu dan kotoran tersedot.

  1. Tidak Menggunakan CreviceTtool

Crevice tool akan memudahkan kita untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel pada tepi-tepi ruangan yang biasanya sulit dibersihkan. Namun hal ini jarang dilakukan kebanyakan orang karena kebanyakan orang hanya menggunakan penyedot debu ketika membersihkan karpet saja. Padahal fasilitas ini sangat berguna. Gunakanlah crevice tool untuk menyedot debu di pojokan ruangan yang biasanya terabaikan.

  1. Tidak Menyesuaikan Ketinggian

Kesalahan lainnya saat menggunakan penyedot debu adalah tidak menyesuaikan ketinggian penyedot debu saat bergerah dari satu sisi karpet ke sisi lainnya. Ini berlaku bagi Anda yang memiliki penyedot debu yang masih manual dalam pengaturan ketinggiannya. Karena akan memaksimalkan tingkat kebersihan setiap sudut ruangan di rumah Anda.

  1. Menunggu Karpet Terlihat Kotor

Kebiasaan menunggu karpet terlihat sampai kotor baru dibersihkan adalah hal yang salah yang paling sering kita lakukan. Anda biasanya tidak menyadari bahwasanya kotoran mungkin sudah menempel jauh sebelum karpet terlihat kotor. Hal ini sangat berbahaya karena dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, marilah mulai sekarang Anda harus membersihkan karpet secara teratur sebelum karpet benar-benar terlihat kotor dan penuh debu