Menanam Kemangi Untuk Usaha Sampingan

226

budidaya-kemangi

Menanam kemangi sangatlah mudah namun tidak banyak yang menanam tanaman ini karena dianggap tidak menguntungkan. Bila ada yang menanamnya paling hanya digunakan untuk pagar pembatas lahan atau bahkan tumbuh liar dan hanya dibiarkan saja. Padahal setiap harinya permintaan daun kemangi cukup tinggi di pasaran dan stok yang ada selalu tidak mencukupi. Duan ini banyak digunakan sebagai lalap di restoran-restoran dan juga digunakan sebagai bahan pelengkan berbagai masakan.

Sampai saat masih sedikit petani yang mau menanam tanaman ini dan mengambil keuntungan yang besar darinya. Itulah kenapa menanam kemangi masih menjadi hal yang sangat menguntungkan, caranya mudah, panennya cepat dan pasar siap menerima hasilnya. Silahkan manfaatkan lahan milik anda yang tidak terpakai untuk menanam tanaman ini, siapa tahu bisa menjadi usaha sampingan atau bahkan menjadi usaha utama anda yang banyak mendatangkan keuntungan.

Berikut ini langkah-langkah menanam kemangi, kali ini dikhususkan dengan cara penanaman organik yang ramah lingkungan :

  1. Siapkan bibit kemangi, bisa dibeli di toko pertanian atau secara online, memang cukup sulit untuk menemukan bibit tanaman ini. Selain membeli anda juga bisa mengambilnya dari tanaman kemangi yang sudah tua.
  2. Semai bibit tersebut di dalam tempat penyemaian atau bisa juga menggunakan pot. Semakin besar bibit yang sedang disemai, maka pindahkan ke tempat penyemaian yang lebih besar lagi agar tidak terlalu padat.
  3. Siapkan lahan yang akan ditanami dengan kemangi, cangku tanahnya hingga benar-benar gembur. Lalu campur dengan pupuk kandang, pupuk kompos atau pupuk organik yang dibeli dari toko pertanian. Banyaknya pupuk disesuaikan dengan luas lahan atau sesuai takaran pada kemasan pupuk, dalam tahap belajar ini gunakan perkiraan saja. Biarkan lahan selama kurang lebih 5 hari, penyiapan lahan sebaiknya menunggu bibit siap dipindahkan agar lahan tidak terlalu lama dibiarkan.
  4. Setelah bibit siap dipindahkan, kira-kira setelah tingginya 10 cm, pindahkan bibit tersebut ke lahan yang telah disiapkan.
  5. Lakukan penyiraman secara teratur namun jaga agar tanah tidak terlalu banyak air. Cabuti rumput agar tidak menyerap nutrisi tanaman kemangi. Pemupukan bisa dilakukan kembali setelah dua minggu setelah penanaman. Bila tujuan menanam kemangi adalah untuk mengambil daunnya, maka buanglah bunganya dan bila tujuannya adalah untuk pembibitan maka pangkas daunnya namun jangan dihabiskan.
  6. Panen bisa dilakukan kira-kira 2 bulan pemindahan bibit ke lahan. Saat panen jangan menghabiskan seluruh daun pada tanaman kemangi. Setelah penan daun kemangi harus segera dikonsumsi atau di pasarkan untuk menjaga kesegaran dan kualitasnya.

Untuk awal-awal masa penanaman jangan menanam terlalu banyak terlebih dahulu, cukup beberapa pohon saja. Bila panen ternyata banyak, mulailah menanam banyak pohon kemangi. Pada dasarnya menanam kemangi sangatlah mudah.