17 Resep Rahasia dari Tiongkok Kuno Agar Dapat Hidup Sehat Sampai Tua

83

buah-pir-dari-tiongkok

Tiongkok telah begitu familiar dengan referensi kesehatannya. Mulai dari ribuan tahun yang lalu, telah banyak buku-buku kesehatan yang menjadi tuntunan hidup warga Tiongkok.

Sejumlah bukunya antara lain yaitu Yi Jing, Huang Di Ne Jing (The Yellow Emperor Medical Book), buku Lao Zi, Dao De Jing dan sebagainya.

Masyarakat tiongkok dapat berusia hingga ratusan tahun. Adapun rahasia yang bersumber dari buku-buku di atas adalah wajibnya melaksanakan gaya hidup yang sehat.

Tidak hanya peduli pada pola makan saja, akan tetapi juga memperdulikan emosi serta perasaan yang memegang andil besar dalam hal tersebut. Dan inilah 17 resep rahasia dari tiongkok kuno agar hidup sehat dan bahagia sampai tua :

  1. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang

Mengonsumsi makanan yang sehat dengan memperhatikan kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat serta air. Akan tetapi seluruhnya itu tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak.

  1. Atur pola makan

Penyakit merupakan perhitungan dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari selama hidup. Mutu dari sebuah makanan jauh lebih utama dibanding banyaknya makanan tersebut. Konsumsi makanan yang sehat,idealnya yaitu 20% protein dan 80% sayuran.

  1. Menjauhi makanan dengan kadar kalori tinggi

Berlebihan dalam mengonsumsi daging sapi, daging kambing, buah durian, serta alkohol merupakan hal yang tidak baik, sebab dapan mengakibatkan keadaan yin dan yang tidak sebandng. dan hal tersebut dapat mengakibatkan tubuh menjadi sakit.

  1. Membatasi konsumsi makanan berkolesterol tinggi

Hendaknya kita tahu kadar kolesterol yang terdapat pada makanan yang kita konsumsi. Kolesterol merupakan zat yang penting, akan tetapi apabila terlalu banyak dapat mengakibatkan pengecilan pembuluh darah. Dan hal tersebut begitu berbahaya.

  1. Menghindari sifat sentimental dan stress

Berdasarkan Immanuel Kant, marah merupakan kekeliruan orang lain, kita memidana diri sendiri. Seseorang yang sifat sentimentaslnya tinggi, kerap marah-marah, naiknya hormonal adrenalin pada darah mengakibatkan hipertensi.

  1. Melaksanakan aturan yin yang

Kesehatan yang utuh hanya dapat dicapai dengan menjaga kesehatan jasmani (yang) dan membangun  kebijakan pada kehidupan spiritual (yin). Apabila tingkatan tersebut telah diraih maka kita dapat menikmati kebahagiaan dan keseimbangan.

  1. Olaraga secara rutin dan teratur

Gunanya supaya laju peredaran darah lebih mulus. Yoga, meditasi, bersepeda atapun berjalan dengan cepat dapat memompa denyut jantung semakin efisien, jasmani kita dapat semakin sehat dan pikiran juga semakin jernih dan damai.

  1. Banyak minum air putih

Funsinya yaitu untuk menjaga cairan dalam tubuh dan memproduksi detoksisasi secara cermat dan alamin. Zat-zat yang tidak berguna yang merupakan sisa produk katabolis pada darah dikeluarkan melalui keringat, ketika kencing dan buang air besar.

  1. Rendah hati dan tidak sombong

Berdasarkan buku tersebut, individu yang berusia panjang merupakan individu yang pikirannya tenang, rendah hati, dan sedikit bicara. Mereka tidak sombong, tidak putus asa dan tidak gemar menuduh orang lain. Sehingga dapat disimpulkan, usia yang panjan akan dapat diraih pada saat individu mampu membangun ketenangan dan kesejahteraan.

  1. Kurangi sifat egois dan hidup sederhana

Individu yang hidupnya biasa merupakan individu yang sedikit keinginan, tidak mencintai duniawi secara berlebihan, tidak angkuh dan mempunyai pikirang yang tenang dan simple. Berdasarkan Lao Zi, individu yang telah merasa cukup, hidupnya selalu terasa nikmat.

  1. Tabah dan bersedia mengalah

Manusia yang berusia panjang selalu positive thinking, tabah dan tenang ketika mendapat masalah. Manusia yang mau tabah dan mengalah, hatinya akan merasa damai. Ia mempunyai teman yang banyak dan musuh yang sedikit.

  1. Mempunyai toleransi yang tinggi dan menerima apa adanya

Terdapat banyak masalah yang umumnya tidak sesuai dengan hati kita. Hal tersebut merupakan kenyataan yang harus kita terima apa adanya, tidak mengeluh maupun menyalahkan orang lain. Dengan berpikir seperti itu pikiran ita dapat merasa tenang, jernih dan damai.

  1. Hidup serasi dengan hati nurani

Melaksanakan hal-hal yang serasi dengan hati nurani merupakan salah satu kiat agar dapat mempunyai usia yang panjang. Sebab dengan mengerjakan kegiatan yang tidak berlawanan dengan hati maka tidak akan terganjal rasa bersalah akibatnya hidupnya damai dan tidak gelisah.

  1. Suka memberi dan melayani

Menurut sebuha studi, umumnya individu yang gemar member serta melayani dapat memiliki usia yang panjang. Sama halnya yang dikatakan oleh Konfusius, individu yang memiliki rasa cinta kasih, usianya akan panjang. Untuk member tidak selalu wajib dalam bentuk materi, yang dibutuhkan yaitu sentuhan cinta kasih.

  1. Seimbang antara bekerja dan istirahat

Durasi yang dibutuhkan setiap individu untuk tidur adalah 8 jam. Apabila tidurnya kurang dapat ditambah dengan tidur pada siang hari selama satu atau dua jam. Tidur yang berkualitas yaitu tidur lelap layaknya bayi. Mereka yang mempunyai pikiran dan problematika hidup yang banyak akan mempunyai kualitas tidur yang tidak baik, penuh dengan mimpi buruk.

  1. Mempunyai keluarga yang rukun dan harmonis

Keluarga merupakan surge yang sebenarnya untuk kehidupan manusia. Apabila pasangan suami istri dan putra-putriya saling mencintai dan bersedia berkorban, akan terbentuk keluarga yang rukun, harmonis, serta menyenangkan.

  1. Memberi kasih sayang dan berbakti pada orang tua.

Hal ini merupakan ajaran yang sudah lama, akan tetapi anak yang berbakti serta menemani orang tuanya biasanya mempunyai fisik yang lebih sehat dan jiwa yang lebih damai dibanding orang yang tidak taat pada orang tua. Individu yang mempunyai kepribadian yang tinggi akan begitu menyayangi dan mencitai orang tuanya.