6 Langkah Mudah Mencegah Serangan Jantung Pada Wanita

42

serangan-jantung-pada-wanita

Suatu penelitian yang dilaksanakan sepanjang 20 tahun dengan mengambil nyaris tujuh puluh ribu perempuan membuktikan bahwa kif style amat berpengaruh terhadap terkena serangan jantung pada umur yang masih muda.

Andrea Chomistek, Profesor epidemiologi dan biostatistik di Indiana University menuturkan bahwa tingkat kemarian yang disebabkan oleh penyakit jantung sudah berkurang sepanjang beberapa tahun terakhir, akan tetapi hal tersebut terjadi sebaliknya pada kalangan anak muda malahan bertambah.

Sebagaimana yang telah dilansir  pada Foxnews, Rabu (7/1/2015), Chomistek mengatakan bahwa penyakit jantung malahan bertambah kurang lebih 1% sampai 2% pada wanita. Namun, di luar sana masih jarang studi yang menyelidiki tetang kesehatan jantung pada perempuan berusia muda.

Pada studinya, Chomistek beserta penulis studi lainnya yang berasal dari Indiana University, Harvard School of Public Health, Brigham dan Women Hospital menelaah 69.247 perempuan dengan umur rata-rat kurang lebih 37. Studi mengkaji masalah serangan jantung dan faktor penyebab penyakit kardiovaskuler seperti tekanan darah, kolesterol, dan diabetes jenis 2.

Para peneliti mengaitkan risiko penyakit dan enam life style yang sehat, yaitu tentang :

  • Merokok atau tidak?
  • Apakah memelihara BMI (indeks massa tubuh normal)?
  • Apakah konsisten dalam berolahraga, minimal 2,5 jam setiap minggu.?
  • Berapa lama durasi menonton TV?
  • Meminum minuman beralkhol atau tidak dalam satu hari?
  • Apakah pola makannya yang sehat terjaga?

 

Semasa studi, 46 perempuan yang diamati ternyata terkena serangan jantung, dan sekitar 32.000 perempuan didiagnosis dengan satu penyebab terjadinya penyakit jantung. Dan yang mengagetkan, kebanyakan perempuan yang didiagnosis terkena penyakit jantung merupakan wanita yang berumur sekitar 50 tahun, dan wanita yang menambah penyebab terjadinya penyakit jantung merupakan wanita dengn umur 47 tahun.

Chomistek juga menerangkan bahaw perempuan yang melakukan seluruh enam rutinitas sehat, 92 % tidak mudah mengalami serangan jantung dan 66% lebih rendah untuk menambahkan penyebab terjadinya penyakit jantung. Hasil tersebut membuktikan bahwa ¾  dari serangan jantung atau nyaris setengah dari faktor penyakit jantung dapat dihindari apabila para wanita melaksanakan gaya hidup yang sehat.

Mayoritas orang beranggapan bahwa jika mereka mengkonsumsi obat tekanan darah tinggi atau kolesterol, maka mereka tidak usah melakukan olahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Namun ternyata jika seseorang tidak melakukan gaya hidup yang sehat, bisa jadi dia tak akan dapat menikmati hari tuanya.