6 Manfaat Besar dari Jalan Kaki Setiap Hari Bagi Kesehatan - Infotainment News Online Terkini

JagatLifestyle

6 Manfaat Besar dari Jalan Kaki Setiap Hari Bagi Kesehatan

on

Cegah-penyakit-dengan-Aktif-Berjalan-Kaki

Aktivitas simple yang tidak dipungut biaya dan juga pasti dilakukan oleh semua orang adalah jalan kaki. Selain amat sangat gampang sekali dikerjakan, berjalan kaki pun memiliki kegunaan yang sangat besar terhadap kesehatan.

Pada buku Lost Art of Walking, Geoff Nicholson menyanjung manfaat yang bergitu luar biasa yang diperoleh dari kegiatan berjalan kaki. Di samping memberikan efek yang positif untuk kesehatan jasmani, jiwa dan manfaat sosial, kegiatan yang mudah dilakukan ini juga dapat mengubah hidup sobat.

Sejumlah kenyataan mengenai jalan kaki antara lain yaitu dapat membakar  3,5 kg lemak per tahun jika melakukan aktivitas jalan kaki selama 20 menit per hari. Berjalan kaki selama 40 menit per hari merupakan metode paling bagus untuk dapat mengurangi berat badan. Berjalan cepat mulai dari 20 hingga 25 menit merupakan keadaan paling bagus untuk jantung dan paru-paru.

Selain hal tersebut, masih banyak keuntungan yang didapatkan dengan rutin berjalan kaki. Di bawah ini 6 keuntungan berjalan kaki secara rutin bagi kesehatan tubuh :

  1. Memperbagus kinerja jantung dan paru-paru, serta dapat menurunkan kadar lemak pada tubuh.
  2. Menaikkan metablisme yang membuat tubuh dapat mengurangi kadar kalori dengan lebih kencang, bahkan ketika sedang rehat. Di samping hal tersebut, berjalan kaki pun dapat membantu memonitor selera makan.
  3. Menambah energy dan mengurangi stress.

Dengan berjalan kaki bisa membantu sobat menurunkan rasa stress yang ada dan dapat menjernihkan pikiran sobat sekalian. Kegiatan yang satu ini adalah media untuk meditasi bagi sobat sekalian yang suka dengan aktivitas-aktivitas yang memerlukan relaksasi.

  1. Mengurangi kolesterol di darah dan memperlambat penuaan.
  2. Mengurangi hipertensi dan membantu menjaga gula darah
  3. Mengurangi sejumlah risiko kanker, misalnya kanker prostat dan payudara, serta meminimalisir terkenanya serangan jantung dan stroke. Melakukan jalan kaki juga dapat mengokohkan otot pada kaki dan paha serta tulang.

Di samping berguna bagi kesehan jasmani dan jiwa, berjalan kaki pun mempunyai kegunaan sosial. Umumnya pada saat sobat sedang berjalan kaki dengan teman-teman, tanpa disadari terciptalah obrolan-obrolan diantara kalian. Jadi jalan kaki dapat mengukuhkan pertemanan.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa jalan kaki itu bukan merupakan aktivitas yang membuat boring dan menjadikan tubuh capek. Dengan berjalan kaki sobat memperoleh banyak keuntungan bagi kesehatan tubuh sobat.