7 Tanda Khusus Kalau Anda Sedang Mengalami Stress

26

GEJALA-stress

Bukan hanya kondisi psikologis saja yang dapat terusik, namun stress juga dapat mempengaruhi kondisi fisik seseorang.  Ahli gizi yang bernama Charlotte Watts menerangkan bahwa stress dapat menurunkan nutrisi yang terkandung pada tubuh.

Nah, keadaan stress ini bisa ditandai dengan sejumlah gejala fisik yang berkaitan dengan menurunnya kandungan vitamin dan mineral dalam tubuh. Apa saja tanda-tandanya? Yuuk simak bahasan berikut :

  1. Bibir pecah-pecah

Pada saat bibir pecah-pecah, itu merupakan isyarat bahwa sobat kurang asupan vitamin B6. Watts menjelaskan bahwa vitamin B6 berpengaruh pada produksi serotonin dan dopamin yang menjaga situasi dan kondisi hati seseorang. Nah, sobat dapat memperoleh  vitamin B6 dari wortel, kacang polong, bayam, alpukat, pisang, brokoli, kubis, dan juga jagung.

  1. Rahang menggeretak

Menggeretaknya rahang gigi dapat menunjukkan bahwa sobat sedang mengalami kejenuhan. Hal tersebut disebabkan oleh kekurangan vitamin B5 (vitamin antistres). Watts juga mengatakan bahwa stress dapat menimbulkan tekanan di otot-otot sekeliling muka.

Vitamin B5 bisa membantu produksi hormone adrenalin, kolesterol serta dapat menaikkan kekebalan tubuh. Vitamin B5 juga diperlukan untuk membantu produksi asetilkolin yang bisa menurunkan stress. Sobat dapat memperoleh vitamin B5 ini dari sayuran segar, kacang-kacangan, jamur dan juga ikan laut.

  1. Terdapat goresan putih di kuku

Biasanya munculnya goresan putih di kuku disangka bahwa rendahnya kandungan kalsium dalam tubuh. Namun, keadaan tersebut disebabkan oleh rendahnya kadar mineral pada tubuh dan berhubungan dengan stress.

Mineral tersebut berupa mineral seng atau zinc yang dibutuhkan tubuh dalam memproduksi hormon dan juga memelihara kekebalan tubuh. Mineral seng ini dapat ditemui pada ikan, daging, biji bunga matahari, kacang-kacangan, kerang, kepiting dan juga keju.

  1. Diare

Ketika stress, sobat dapat terserang diare yang disebabkan karena tubuh kekurangan magnesium. Magnesium adalah mineral penting yang ada di tulang sebanyak 70% dan di jaringan lunak ataupun cairan tubuh sebanyak 30%.

Magnesium diperlukan agar otot-otot yang terletak di saluran pencernaan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Nah, sobat dapat memperoleh magnesium ini dari gandum, kedelai, kacang polong, wortel, alpukat, kentang, serta kembang kol.

  1. Gusi berdarah

Gejala lain yang menandakan sobat sedang mengalami kejenuhan adalah gusi yang berdarah. Kondisi ini terjadi disebabkan oleh rendahnya vitamin C. nah, vitamin C ini diperlukan dalam menghaslilkan hormon anti stress.

vitamin C ini sering dijumpai pada jeruk, papaya, alpukat, tomat, kacang hijau, dan mangga.

  1. Bintik merah pada lengan dan paha

Timbulnya bintik merah yang mirip dengan jerawat di daerah lengan ataupun paha juga dapat menjadi gejala stress. Hal tersebut disebabkan karena kekurangan vitamin E yang menjadikan kulit tumbuh tidak normal sehingga menimbulkan bintik merah.

Solusinya, sobat dapat mengonsumsi kacang-kacangan, bersah merah, rumput laut, telur, biji-bijian, susu, ataupun oatmel.

  1. Tenggorokan dan dada mengalami infeksi

Watts menuturkan bahwa stress juga bisa memperparah flu yang sedang menyerang seseorang. Berawal dari pilek, lalu kerongkongan terasa gatal serta terusiknya pernapasan. Oleh karena hal tersebut, maka diperlukan vitamin A yang bukan hanya bagus untuk penglihatan, namun juga dapat menjaga saluran pernapasan.

Vitamin A ini dapat sobat jumpai pada wortel, asparagus, apricot, brokoli, papaya, melon, labu dan bayam.