‘find my phone’ Fitur Google Yang Bisa Cari Smartphone Hilang

45

cara memakai fitur find my phone

Sapujagat.com – Kini fitur “find my iPhone“ bakal di saingi oleh Google yang meluncurkan fitur ‘find my phone’. Dengan bantuan Google, kini Anda dapat menemukan ponsel atau tablet Anda dengan jauh lebih mudah. Anda tetap bisa menggunakan Android Device Manager jika Anda lupa meletakkan ponsel atau tablet Anda atau bahkan jika gadget Anda hilang.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, Anda cukup membuka situs pencarian Google dan ketik ‘find my phone’ di kolom pencarian. Setelah itu maka Google akan langsung menampilkan peta yang menunjukkan posisi terakhir dari smartphone Android yang sedang Anda cari.

Dilansir Trustedreviews (16/4), fitur ‘find my phone’ ini sendiri bisa menemukan lokasi dengan keakuratan sekitar 25 m dari posisi pasti smartphone yang dicari. Untuk mendapatkan lokasi pasti smartphone yang dicari, Google menambahkan fitur ring yang membuat smartphone akan berdering dengan volume maksimal selama 5 menit. Selain itu, juga ada fitur lock yang berfungsi agar smartphone tak bisa digunakan orang lain dan erase untuk menghapus semua data di smartphone agar tak disalah gunakan orang lain.

Fitur ini sendiri bisa digunakan tak hanya satu smartphone Android tapi bisa untuk banyak gadget asal smartphone tersebut sudah terdaftar dan telah disinkronisasikan dengan akun Google Anda.

Sayangnya, fitur ini tak memungkinkan Anda untuk menghapus atau mengunci data seandainya gadget Anda hilang atau dicuri. Untuk melakukan hal ini, Anda tetap memerlukan bantuan Android Device Manager.

Cara Memakai Find My Phone

Bagaimana cara mengaskes fitur find my phone pakai Google Search ya? Ketik “find my phone” di Google Search dan kalian sudah bisa mengakses fitur tersebut. Namun pastikan terlebih dahulu fungsi location di smarthone Android kalian sudah aktif.

Find-My-Phone

 

20150417114459-1-find-my-phone-002-dwi-zain-musofa

Selain itu, pastikan juga kalau kalian sudah log-in di akun Google kalian sebelum melakukan pencarian. Hal tersebut berguna agar Google bisa melakukan sinkronisasi antara akun Google di komputer dengan akun Google di smartphone.

Fitur ini kompatibel baik untuk browser Chrome maupun untuk browser Mozilla Firefox, jika kalian udah mengetikan kata find my phone di Google Search, nanti secara otomatis Google akan langsung menampilkan peta dimana lokasi smartphone kalian berada.

Jika kalian melihat pada sisi pojok kanan atas, kalian bisa memilih device mana yang akan kalian cari. Jika kalian masih kesulitan mencari smartphone kalian, tenang dulu, fitur ini juga memungkinan Google untuk melakukan nada panggil pada smartphone, dengan begitu kalian bisa menemukan smartphone dengan mudah.