Mulai Tanggal 21 April, Google Akan Mulai ‘Kiamat’ Untuk Pengusaha Kecil ?

48

Mulai Tanggal 21 April, Google Akan Mulai 'Kiamat' Untuk Pengusaha Kecil

Sejatinya Google tidak bermaksud memulai ‘kiamat untuk para pengusaha kecil yang mengandalkan internet. Tetapi, raksasa teknologi itu ingin memberikan pengalaman pencarian yang lebih nyaman bagi pengguna mobile mereka.

Cukup beralasan, mengingat saat ini sekitar 60 persen lalu lintas Google memang datang dari gadget mobile.

Di seluruh dunia, banyak usaha kecil dan menengah yang sangat bergantung dengan internet, termasuk situs pencarian Google. Namun, rencana Google untuk menerapkan perubahan besar di mesin pencari mereka besok (21/04) kemungkinan akan berdampak besar bagi usaha-usaha kecil itu.

Google dilaporkan siap memberlakukan update besar-besaran pada mesin pencari mereka di gadget mobile, seperti smartphone, mulai tanggal 21 April. Update itu dikatakan merubah cara Google menampilkan data pencarian di situs mobile mereka.

Jika dulu Google akan menampilkan hampir semua hasil pencarian terpopuler dari kata yang diketikkan pengguna, maka mulai besok hanya situs-situs yang ‘mobile friendly’ saja yang ditampilkan di urutan teratas.

Perlu diketahui situs yang bersifat ‘mobile friendly’ adalah situs-situs yang mempunyai ukuran huruf besar, tautan yang mudah diketuk, dan mempunyai pengaturan tampilan yang mudah disesuaikan lewat smartphone.

Masalahnya, kebanyakan situs-situs usaha kecil tidak mengusung fitur ‘mobile friendly’. Akibatnya, meskipun populer, situs-situs kecil itu berpeluang tidak tampil di urutan teratas hasil pencarian.

“Mulai 21 April, banyak usaha kecil yang akan kaget mengetahui jumlah pengunjung situsnya menurun drastis. Update Google mobile ini akan berdampak pada jutaan situs di internet,” ujar Itai Sadam, CEO dari Duda, perusahaan pengembang situs internet, Business Insider (19/04).