Polisi Israel Tak Berkutik Dengan Bocah 5 Tahun

71

bocah 5 tahun hadapi polisi israel

Sapujagat.com – srael sejak 1967 sampai sekarang telah menangkap 800 ribu warga Palestina. Itu setara 40 persen populasi negara terjajah ini. Artinya, nyaris seluruh keluarga di Palestina punya sanak famili yang ditahan aparat Negeri Zionis itu.

Di dunia maya sepanjang akhir pekan ini, tersebar foto bocah kecil melemparkan batu ke arah polisi Israel. Anak yang memakai ikat kepala bendera Palestina dan baju tentara itu berlari ke kerumunan setelah ‘menyerang’ polisi bersenjata lengkap.

Kejadian itu rupanya belum lama terjadi.

Anak lima tahun itu ikut serta dalam Pawai ‘Hari Tahanan Palestina’ yang jatuh pada Jumat (17/4). Dalam pawai tahunan itu, ribuan warga Jalur Gaza maupun Tepi Barat menyerukan pembebasan 6 ribu tahanan politik yang ditangkap tanpa batas waktu oleh aparat Israel dengan tuduhan ‘berniat melakukan teror’.

Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Sabtu (18/4), foto itu diambil ketika unjuk rasa damai di Kota Bilin, Tepi Barat dibubarkan paksa oleh kepolisian Israel dengan peluru karet dan gas air mata. Lebih dari 100 orang ikut serta dalam pawai ini. Akibat pembubaran paksa, beberapa pengunjuk rasa cedera.

Fotografer dari AFP sampai sekarang belum menjelaskan identitas bocah yang berani menyerang balik polisi Israel tersebut.

Koordinator Aksi Abdullah Abu Rahman, menyatakan polisi Israel tidak berhak membubarkan pawai ini. “Kami akan terus turun ke jalan sampai seluruh tahanan politik dibubarkan,” tuturnya.