Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

79

Y

Kulit akan memproduksi minyak untuk melindungi kulit dari berbagai radikal bebas seperti polusi dan debu yang dapat kapan saja masuk kepori-pori kulit kita. Namun kelebihan kadar minyak diwajah juga dapat menjadi masalah tersendiri. Kelebihan kadar minyak dapat memicu timbulnya jerawat dan memperburuk penampilan karena wajah akan terlihat mengkilap penuh minyak. Mengatasi hal tersebut biasanya orang menggunakan semacam produk kosmetik yang dapat mengatasi minyak berlebih.

Namun penggunaan produk semacam itu tidak sepenuhnya dapat mengatasi wajah berminyak karena setiap orang memiliki tekstur dan jenis kulit yang berbeda-beda. Wajah yang berminyak dapat disebabkan beberapa hal salah satunya yaitu :

Penyebab Wajah berminyak

Makanan Berminyak – Jika anda suka mengkonsumsi makanan yang berminyak, maka wajah anda juga beresiko mengeluarkan minyak berlebih.

Hormon Yang Tidak Seimbang – Ketidakseimbangan hormon ini menjadi salah satu penyebab yang sering terjadi terutama pada anak yang tengah memasuki masa puberitas. Seorang wanita akan memproduksi minyak berlebih pada saat haid dan pada masa-masa tersebut perlu dilakukan pengontrolan agar tidak menyebabkan masalah pada wajah anda. Asupan makanan yang seimbang harus diberikan untuk mengontrol dan mengurangi jumlah minyak pada wajah.

Salah Pilih Kosmetik – Alih-alih ingin memiliki wajah yang cantik malah justru timbul masalah seperti wajah berminyak. Dalam memilih kosmetik kita harus selektif mana jenis kosmetik yang cocok dengan kulit anda agar tidak menyebabkan iritasi.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Sering Mencuci Muka – Jika anda memiliki wajah berminyak, sering-seringlah untuk mencuci muka agar tidak ada debu yang menempel diwajah. Adanya minyak diwajah kerap membuat debu menempel dan masuk kepori-pori sehingga mencuat timbulnya jerawat. Gunakan sabun pembersih muka minimal dua atau tiga kali sehari. Hindari pula sinar matahari langsung karena dapat membuat produksi minyak meningkat.

Minum Air Putih – Minum air putih yang baik yaitu minimal 8gelas perhari agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. 60% yang ada didalam tubuh kita adalah air dan jika tubuh mengalami kekurangan air maka dapat menyebabkan penyakit. Selain itu, dengan minum air yang cukup maka sistem metabolisme tubuh juga akan terjaga dan ketika kita beraktifitas maka tubuh akan banyak mengeluarkan keringat yang mengandung minyak sehingga minyak yang menempel diwajah dapat hilang.

Tomat/Timun/Kentang – Ketiga jenis sayuran ini dika anda gunakan pada wajah maka dapat mengatasi kelebihan kadar minyak. Gunakan sebelum tidur dengan cara mencuci muka terlebih dahulu kemudian anda usapkan pada seluruh bagian wajah baru paginya anda bersihka dengan air bersih. Jika hal ini dilakukan secara rutin, maka dapat mengecilkan pori-pori dimana pori-pori ini merupakan tempat keluarnya minyak pada wajah.

Daun Seledri – Daun seledri kerap kita gunakan untuk menyedapkan masakan. Namun dibalik itu, daun seledri memiliki manfaat lain yang mungkin jarang mengetahuinya yaitu dapat mengurangi kadar minyak pada wajah. Cara membuatnya anda cukup memotong kecil daun seledri kemudian rebus dalam panci yang diberi dua gelas air hingga mendidih. Setelah mendidih, oleskan daun seledri tersebut pada bagian wajah. Tunggu hingga meresap setelah itu bersihkan dengan air bersih.

Putih Telur – Berbagai manfaat yang dapat kita peroleh dari putih telur, selain dapat menghilangkan jerawat, dan mencerahkan kulit wajah, putih telur juga dapat kita manfaatkan untuk mengatasi minyak berlebih pada wajah. Pisahkan putih dari kuningya kemudian anda gunakan sebagai masker wajah hingga mengering. Setelah itu bilas dengan air hangat.

Dari berbagai cara diatas, silahkan anda coba mana yang menurut anda ampuh dalam mengatasi minyak berlebih. Terimakasih.