Syifaul Pencetus Helm Yang Bisa Jadi Charger HP

35

Helm Charge

 

Sapujagat.com – Syifaul Fuada menciptakan helm dengan perangkat charger atau penyedia daya isi ulang baterai HP. Karna banyak orang mulai panik jika HP mereka mati di tengah jalan.

Atas penemuannya ini, Syifaul terpilih menjadi satu dari 106 inovator terbaik yang dinobatkan Kemenristek Dikti. “Helm ini dapat berfungsi sebagai alat charge telepon seluler yang memanfaatkan energi surya,” kata Syifaul dikutip dari materi 106 Inovasi Indonesia 2014 Kemenristek Dikti, Jakarta, Senin (20/4).

Cara kerja helm amat mengandalkan tenaga surya yang dapat mengubah listrik DC dengan photovoltaic cells sebagai converter. Jadi jika pengendara hendak mengisi daya baterai hanya tinggal menyematkan HP ke dalam sisi belakang helm.

Warga asli Purwosari, Kediri, Jateng ini mengaku sudah menguji kehebatan helm ini melalui simulasi lapangan.

“Helm ini juga menggunakan penstabil tegangan untuk mengubah 12V DC listrik dari sel surya menjadi 5V DC untuk mengisi power bank,” jelas dia.

Sementara status penemuan ini masih dalam pendaftaran hak paten, Kemenristek Dikti membuka peluang bisnis secara luas karena penemuan ini dimungkinkan diproduksi secara massal.

Agen Poker
Loading...