Waw!.. Biaya Haji Kini Turun Rp 6 Juta Lebih

29

biaya haji turun tahun 2015

 

Sapujagat.com – Haji adalah rukun (tiang agama) Islam yang kelima setelah syahadat, salat, zakat dan puasa. Menunaikan ibadah haji adalah bentuk ritual tahunan yang dilaksanakan kaum muslim sedunia yang mampu (material, fisik, dan keilmuan) dengan berkunjung dan melaksanakan beberapa kegiatan di beberapa tempat di Arab Saudi pada suatu waktu yang dikenal sebagai musim haji (bulan Zulhijah).

Ketua Komisi VIII DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengatakan, pihaknya dan Kementerian Agama menyepakati penurunan besaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2015. Nilai penurunan mencapai USD 502 per jemaah dibandingkan tahun sebelumnya.

Saleh meyakini penurunan ongkos haji sekitar Rp 6.275.000 –dengan kurs saat ini– sangat membantu calon jemaah haji Indonesia dalam melunasi kekurangan setoran BPIH. “BPIH tahun lalu ditetapkan sebesar USD 3.219. Sekarang dicapai kesepakatan bahwa BPIH tahun ini menjadi USD 2.717, berarti ada penurunan sebesar USD 502,” ujar Saleh kepada CNN Indonesia, Rabu (22/4).

Politikus Partai Amanat Nasional itu menyatakan, penurunan biaya sebagai bukti keseriusan Komisi VIII dalam mengawal komitmen untuk menurunkan BPIH sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan jemaah haji.

“Kami di Komisi VIII juga ingin membuktikan bahwa jika dilakukan secara sungguh-sungguh, BPIH Indonesia bisa diturunkan secara signifikan,” tutur Saleh.

Dengan begitu, menurut Saleh, para calon jemaah haji Indonesia juga merasakan keadilan sesungguhnya karena BPIH yang terjangkau meskipun harga-harga komoditas lain meningkat seiring kenaikan harga bahan bakar minyak dan tingginya kurs dollar terhadap rupiah. “Bayangkan, implikasinya sangat besar dengan penurunan sebesar USD 502,” ucapnya.

Saleh mengkalkulasi, kalau jumlah jemaah haji reguler Indonesia sebanyak 155.200, lalu dikali 502 dan dikali 12.500 —asumsi kurs dollar dalam APBNP— maka nilai efisiensi yang didapat adalah Rp 973,88 miliar. “Hampir Rp 1 triliun nilai efisiensinya yang berhasil kita dapat,” katanya menjelaskan.

Aktivis Muhammadiyah ini mengharapkan dengan turunnya BPIH maka calon jemaah haji dapat segera melunasi tahun ini sehingga tidak dipaksa untuk menunggu tahun depan.

Jadwal Haji Tahun 2015

Sebagaimana dikutip dari laman resmi Kementerian Agama, Senin 2 Maret 2015, proses penyelenggaraan haji tahun ini dimulai 20 Agustus dan berakhir pada 26 Oktober.

Pada 20 Agustus, calon jamaah haji sudah masuk asrama dan 21 Agustus menjadi awal pemberangkatan calon jamaah haji gelombang I dari Tanah Air ke Madinah.

Tanggal 4 September menjadi awal keberangkatan calon jamaah haji gelombang ke II dari Tanah Air menuju Jeddah. Sementara, tanggal 17 September merupakan pemberangkatan terakhir seluruh jamaah haji. Pemberangkatan terakhir akan dilakukan.

Untuk diketahui, pada 2014, kuota jamaah haji Indonesia sebanyak 168.800 orang yang terdiri atas 155.200 jamaah haji reguler dan 13.600 jamaah haji khusus.

Agen Poker
loading...