Bagaimana Cara Mengetahui Kehamilan

48

cara mengetahui Kehamilan

Ketika mengetahui bahwa kondisi Anda memasuki masa kehamilan, tentu Anda dan pasangan akan merasa sangat bahagia. Namun terkadang cara mengetahui kehamilan sejak dini sangat sulit. Tanda-tanda kehamilan yang utama yaitu dengan telatnya datang bulan. Namun terkadang sulit membedakan telah haid biasa dengan terlambat menstruasi saat positif hamil.

Jika sang wanita dalam kondisi masa subur, maka kondisi ini akan sangat memudahkan terjadinya pembuahan setelah hubungan terjadi. Terlebih jika seorang wanita memiliki siklus haid yang teratur, maka bisa memudahkannya untuk menentukan moment yang tepat dalam merencanakan kehamilan.

Untuk mengetahui apakah Anda positif hamil atau tidak, ada banyak metode yang bisa dilakukan. Meski demikian, cara-cara ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Apa saja yang bisa dilakukan? Ini dia.

Melihat siklus haid

Ketika Anda merasa terlambat datang bulan, Anda boleh merasa gembira. Sebab kondisi ini menandakan bahwa Anda memasuki masa awal kehamilan. Terlambat/berhentinya menstruasi bisa jadi pertanda bahwa seorang wanita positif hamil. Meski begitu, harus diyakinkan dengan pertanda lain agar lebih jelas. Sebab tidak semua wanita memiliki siklus haid yang teratur.

Mengukur suhu tubuh

Dengan mengukur suhu tubuh setelah beberapa hari berhubungan, Anda bisa mengetahui suhu tubuh basal Anda. Jika dalam dua hingga tiga minggu suhu tubuh Anda tetap tinggi, maka indikasi kehamilan akan semakin terlihat.

Melihat bentuk payudara

Cara mengetahui kehamilan sejak dini juga bisa dilakukan dengan melihat kondisi payudara. Jika payudara Anda terlihat bengkak dan membesar, bisa jadi Anda memang sedang hamil. Ini terjadi akibat perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh. Perubahan ini mengakibatkan payudara terasa sakit, membengkak dan sangat sensitif.

Menggunakan alat tes kehamilan

Ini adalah langkah akhir yang bisa dilakukan setelah mengetahui tanda-tanda kehamilan. Jika Anda masih enggan pergi ke bidan atau dokter, alat tes kehamilan bisa menjadi solusi. Alat tes kehamilan ini dapat dibeli di apotek. Alat tes kehamilan mampu melihat kondisi kehamilan sejak awal. Meski begitu tidak semau alat tes kehamilan memiliki hasil yang akurat. Belilah alat tes kehamilan dengan kualitas yang lebih baik agar hasil yang didapat juga lebih akurat.

Itulah beberapa cara mengetahui kehamilan yang bisa Anda lakukan. Dengan mengetahui kehamilan sejak dini, maka Anda akan dapat melakukan persiapan yang lebih baik. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau bidan tentang kehamilan Anda.

Agen Poker
Loading...