Flex Pada Awal Kehamilan - Infotainment News Online Terkini

JagatMoms

Flex Pada Awal Kehamilan

on

Flek pada Saat Hamil

Ketika mengetahui bahwa dirinya sedang hamil, biasanya pasangan muda akan merasa sangat bahagia. Rasa suka cita akan menyelimuti pasangan lantaran akan adanya orang bari ditengah mereka. Ya, kehadiran sang buah hati memang bisa membuat kebahagiaan sebuah pasangan akan menjadi sempurna.

Namun proses kehamilan ini juga kerap membuat pasangan merasa cemas. Ketika terdapat flek pada awal kehamilan, benarkah akan mempengaruhi perkembangan janin dalam kandungan? Flek cokelat biasanya dapat terjadi pada umur kehamilan yang masih muda dan dengan adanya perdarahan ringan. Dari semua wanita yang sedang hamil, 20% di antaranya mengalami spotting atau flek coklat. Hal ini memang bisa dianggap wajar terjadi pada masa kehamilan, namun harus dipastikan bahwa tidak terjadi komplikasi.

Sebab pertanda flek yang keluar pada kehamilan muda juga dikhawatirkan merupakan ciri-ciri keguguran. Jika terjadi perdarahan pada masa kehamilan awal, lebih baik periksakan pada dokter kandungan atau bidan. Jika terjadi perdarahan lebih dari satu hari dengan volume yang cukup banyak, lebih baik langsung pergi ke rumah sakit untuk mendapat penanganan. Kondisi kesehatan ketika hamil dibutuhkan kesigapan dalam penanganannya, terutama jika terjadi perdarahan seperti ini. Keluarnya darah flek pada awal kehamilan ditandai dengan adanya bercak merah pada celana. Jumlah darah yang keluar saat flek ini sangat sedikit, sedangkan jika terjadi perdarahan darah yang keluar lebih banyak.

Aman atau bahaya terjadinya flek pada masa kehamilan dapat dilihat dari berbagai hal. Misalnya waktu yang terjadi, durasi dan volume darah yang dikeluarkan. Flek yang normal bisa ditandai dengan keluarnya darah yang sedikit dan terjadi hanya satu hari saja. Pada kehamilan muda, flek bisa dikatakan normal karena terjadi saat pelekatan sel telur yang dibuahi. Flek juga bisa disebabkan akibat infeksi yang terjadi pada mulut rahim yang dapat menyebabkan perdarahan.

Sedangkan perdarahan yang masuk kategori berbahaya yaitu jika terjadi pendarahan serius misalnya akibat keguguran dan disertai rasa nyeri pada bagian perut.

Agar lebih tenang pada saat terjadi flek pada awal kehamilan, lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter tentang masalah ini.

Recommended for you