Ini Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid - Infotainment News Online Terkini

JagatMoms

Ini Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid

on

tanda-kehamilan

Terlambat atau berhentinya menstruasi adalah pertanda seorang wanita sedang hamil. Namun untuk meyakinkannya, terkadang banyak orang yang tak sabar. Untuk mengetahui status kehamilannya, banyak yang ingin mengetahui tanda awal kehamilan sebelum telat haid.

Memang pertanda bahwa seorang wanita sedang hamil bisa terjadi sebelum wanita mengalami telat haid. Hal ini akan terlihat karena adanya perubahan hormon dalam tubuh wanita yang memasuki masa kehamilan. Bahkan meskipun saat dites, kehamilan masih menunjukkan tanda negatif.

Jika Anda sudah penasaran, berikut pertanda awal kehamilan yang bisa Anda ketahui.

Kram perut

Banyak wanita yang mengalami kram pada perut meskipun belum memasuki masa haid selanjutnya. Ini terjadi karena sel telur yang dibuahi mengambil posisi dan menempatkan diri pada rahim. Proses ini terjadi antara 8 hingga 10 hari setelah ovulasi atau kurang lebih empat hingga enam hari sebelum masa haid berikutnya. Karena waktunya yang mendekati masa haid, banyak yang menganggap kram perut ini sebagai pertanda akan datang haid.

Sensitif terhadap bau

Hal ini juga kerap terjadi pada orang yang memasuki masa kehamilan. Jika biasanya Anda pergi ke dapur dan mencium aroma masakan yang disukai akan terasa berselera, sekarang justru sebaliknya. Anda akan merasa mual dan enek akibat bau yang menyengat tersebut. Pertanda awal kehamilan sebelum telat haid ini bisa meyakinkan bahwa Anda hamil jika terjadi dengan pertanda lainnya.

Bercak ringan

Sebelum haid/menstruasi, tekadang ada saja wanita yang mengalami bercak ringan. Namun hal ini juga bisa jadi pertanda bahwa Anda memasuki masa kehamilan jika disertai pertanda lainnya. Bercak merah ini terjadi akibat implantasi sel telur yang telah dibuahi pada rahim.

Mual

Pertanda ini hampir terjadi pada semua wanita yang hamil pada trimester pertama. Meskipun mual umumnya terjadi pada enam minggu kehamilan, namun beberapa orang mengalaminya jauh sebelum itu. Bahkan sebelum terlambat datang bulan bisa saja sudah merasa mual.

Terlalu lelah

Rasa lelah yang terjadi pada awal kehamilan tidak seperti biasanya. Jika biasanya Anda kuat melakukan aktifitas sehari-hari, memasuki masa hamil Anda akan mengalami kelelahan yang luar biasa. Ini wajar terjadi karena proses pembentukan janin menyerap banyak energi dari tubuh si Ibu.

Payudara sensitif

Perubahan juga terjadi pada payudara wanita yang mulai hamil. Hal ini bisa menjadi tanda awal kehamilan sebelum telat haid. Payudara akan menjadi berkali-kali lipat lebih sensitif terhadap sentuhan. Bentuknya juga akan semakin bertambah besar dan agak keras. Payudara akan terasa lebih penuh dan berat akibat perubahan hormon setelah terjadi proses pembuahan.

Ciri-ciri awal kehamilan seperti di atas bisa terjadi meskipun Anda belum terlambat haid. Namun untuk meyakinkannya, tunggulah sampai Anda benar-benar terlambat datang bulan. Barulah Anda pergi ke dokter atau Bidan untuk diperiksa lebih lanjut.

Recommended for you