Tanda Anemia Pada Kehamilan

28

anemia-pada-kehamilan

Anemia pada kehamilan memang sering terjadi pada wanita yang mengandung. Anemia adalah gejala yang terjadi akibat kekurangan zat besi dalam tubuh. Namun ternyata, anemia yang terjadi pada masa hamil ini bisa menjadi bahaya serius bagi ibu hamil dan janin yang dikandung. Oleh karena itu, masalah ini harus mendapat perhatian khusus.

Jika wanita hamil terkena anemia, maka kesehatannya bisa terganggu. Ibu hamil akan merasa mudah lelah dan wajahnya sangat pucat. Jadi sangat penting meminimalkan terjadinya anemia agar kesehatan ibu hamil terjaga dan perkembangan janin dalam kandungan bisa lebih optimal.

Jenis anemia pada masa kehamilan

Ada beberapa jenis anemia yang terjadi pada wanita hamil. Anemia defisiensi besi adalah anemia yang dialami selama masa kehamilan dan masa nifas. Kondisi ini terjadi akibat defisiensi besi serta kehilangan darah akut. Ada juga anemia akibat perdarahan akut, jenis anemia ini terjadi ketika masa nifas atau sebelum kelahiran. Sedangkan untuk anemia pada penyakit kronik, gejala yang terjadi biasanya tubuh akan terasa lemah,  berat badan menurun drastis, dan wajah terlihat pucat. Selain itu juga ada anemia megaloblastik atau defisiensi vitamin B12, anemia jenis ini disebabkan akibat kekurangan vitamin B12 pada masa hamil, akibat kegagalan tubuh dalam menyerap vitamin B12 karena tidak ada faktor pendukung.

Bahaya anemia pada kehamilan

Akibat terjadi anemia pada masa kehamilan, tubuh wanita hamil jadi mudah lelah, pucat dan lesu kurang bersemangat. Bisa juga terjadi sakit kepala dan terus merasa pusing. Kondisi janin dalam kandungan juga akan terganggu perkembangannya. Sebab darah darah tubuh yang berkurang akan mengurangi nutrisi bagi sang janin. Jika anemia pada kehamilan terlambat ditangani, dapat mengancam keselamatan saat proses persalinan.

Cara mengobati anemia saat hamil

Memang wanita hamil sangat rentan dengan gangguan kesehatan. Anemia pada kehamilan juga termasuk tanda bahaya apabila tidak ditangani dengan serius. Sebagai solusi, perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung zat besi, minum air putih yang cukup dan hindari kelelahan. Wanita yang sedang hamil juga wajib banyak makan sayuran dan buah. Konsultasikan selalu dengan dokter atau bidan jika terjadi masalah pada masa kehamilan.

 

Agen Poker
Loading...