Tanda Keguguran di Awal Kehamilan - Infotainment News Online Terkini

JagatMoms

Tanda Keguguran di Awal Kehamilan

on

penyebab-keguguran

Keguguran adalah hal yang paling ditakutkan oleh wanita yang sedang mengandung. Oleh karena itu sangat penting mengetahui tanda keguguran di awal kehamilan. Sebab banyak kasus keguguran biasanya terjadi pada tiga bulan pertama masa hamil.

Studi mengatakan, risiko keguguran berkisar 12 hingga 15 persen untuk wanita usia dua puluh tahunan dan meningkat jadi 25 persen pada wanita dengan usia 40 tahun atau lebih. Meningkatnya resiko keguguran pada usia 40 tahunan ini terjadi karena kelainan kromosom yang ada. Sebenarnya cukup sulit membedakan tanda keguguran dengan ciri awal masa kehamilan. Tapi asalkan kita jeli, maka perbedaan tersebut bisa dilihat.

Kram pada pinggul

Umumnya, kram yang terjadi pada wanita hamil bisa dibilang normal. Kram juga kerap terjadi pada wanita saat menstruasi. Kram yang terjadi pada wanita hamil disebabkan karena meningkatnya hormon relaxin dan progesteron pada awal masa hamil. Namun ada satu lagi tanda kram yang harus diketahui, yaitu kram yang bisa menjadi pertanda keguguran. Gejala kram ini terjadi lebih sering dan berlangsung cukup lama. Keguguran yang ditandai dengan gejala awal kram biasanya terjadi pada masa awal kehamilan.

Punggung terasa nyeri

Nyeri punggung ini berbeda. Nyeri yang terjadi menjalar dan menuju ke dalam rahim. Rasa nyeri yang seperti ini tidak berasal dari otot atau tulang punggung Anda. Bisa jadi, ini adalah tanda keguguran di awal kehamilan. Meskipun dipijat, nyeri punggung yang seperti  tampaknya tidak akan sembuh. Nyeri punggung ini disebabkan karena rahim menekan punggung ke dalam serta dapat menyebabkan terjadinya kejang pada rahim.

Timbul bercak

Adanya bercak merah pada jalan lahir juga bisa jadi pertanda keguguran. Biasanya bercak yang keluar berupa darah segar berwarna merah. Dalam beberapa saat, bercak merah ini berubah menjadi kecoklatan.

Keluar gumpalan darah

Ini merupakan tahap lanjut yang terjadi jika mengalami keguguran. Ketika Anda sudah terlambat haid, namun tiba-tiba ada gumpalan darah yang keluar dalam jumlah banyak bisa jadi merupakan keguguran yang terjadi pada awal kehamilan. Namun jika Anda memiliki riwayat perdarahan berat saat menstruasi, bisa jadi hal ini tidak berlaku.

Mual dan lelah

Anda merasa mual, kemudian disusul dengan rasa lelah yang berlangsung lama. Mungkin saja ini adalah tanda keguguran di awal kehamilan yang sulit dibedakan dengan pertanda awal kehamilan. Namun jika rasa lelah tak disusul dengan perdarahan, bisa jadi ini adalah rasa lelah yang diakibatkan karena proses pembentukan janin pada rahim yang menguras banyak energi.

Hindari keguguran pada masa awal kehamilan. Biasanya hal tersebut diakibatkan karena kurang menjaga kehamilan dan kurang peduli untuk mencegahnya. Jagalah selalu kesehatan tubuh Anda. Dengan tubuh yang sehat, bayi dalam kandungan juga bisa terlahir dengan selamat.