6 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

manffat-buah-mangga

Mangga merupakan jenis buah yang sangat familiar di Indoneisa. Rasanya yang manis membuat hampir semua orang menyukai buah ini. Dalam bahasa ilmiah, mangga dikenal dengan nama Mangifera Indica dan termasuk dalam kelompok Anacardiceae. Ketinggian pohon mangga bisa mencapai 40 meter dan menurut sejarah pertama kali ditemukannya pohon ini di negara India dan Burma. Meskipun mangga buka asli asal Indonesia, tetapi hampir diseluruh kota banyak terdapat pohon mangga.

Mangga memiliki beberapa jenis yang berbeda diantaranya aromanis, manalagi, dan mangga keong. Ketiga jenis mangga ini memiliki rasa dan bentuk yang berbeda. Tidak hanya rasanya saja yang segar tetapi mangga memiliki banyak kandungan yang baik bagi kesehatan. Terbukti pada 100 gram buah mangga terdapat kandungan gizi sebanyak 272 kilo joule atau setara dengan 65 Kcal. Kandunga gizi tersebut diantaranya seperti gula alami, vitamin C, vitamin B, asam folat, zat besi, fosfor, kalium, magnesium, seng, serat, protein, beta kareote dan lain-lain.

Dari banyaknya senyawa tersebut tak heran mengapa banyak orang yang menyukai buah ini. Lalu apa untungnya bagi kesehatan tubuh kita? Buah yang memiliki banyak kandungan nutrisi tentunya sangat baik untuk tubuh. Berikut ini ada beberapa manfaat yang dapat anda peroleh dari mengkonsumsi buah mangga.

Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan

Mencegah Kanker – Dari hasil penelitian dan uji laboratorium menyebutkan bahwa secara ilmiah buah mangga dapat mencegah kita dari bahaya kanker. Mangga memiliki senyawa anti-oksidan yang dapat melindungi tubuh dari berbagai serangan kanker seperti kanker payudara, kanker usus besar, kanker darah dan prostat. Selain anti-oksidan, banyak juga senyawa lain yang dipercaya ampuh mereduksi ancaman kanker yaitu astragalin, quercetin, asam galat dan methylgallat.

Menyehatkan Mata – Mangga bisa menjadi sumber vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Satu cangkir buah mangga yang sudah masak dapat menyediakan setidaknya 25% dari kebutuhan harian vitamin A dan hal ini menunjukkan bahwa mangga merupakan salah satu dari ratusan jenis buah yang dapat menyehatkan mata.

Mengobati Panas Dalam – Jika anda mengalami masalah seperti sariawan dan panas dalam, buah mangga bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Mangga memiliki banyak kandungan vitamin C yang dapat mengobati sariawan dan panas dalam. Untuk itu bagi penderita tersebut, sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C seperti buah mangga.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh – Memiliki tubuh yang sehat tentunya sudah menjadi harapan semua orang. Agar kita dapat hidup sehat dan terhindar dari penyakit tentunya harus memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat dan untuk dapat meningkatkn sistem kekebalan tubuh tersebut diperlukan makanan yang kaya akan vitamin. Mangga adalah buah yang kaya akan vitamin sehingga jika kita sering mengkonsumsinya maka kekebalan tubuh kita akan meningkat.

Meningkatkan Gairah – Bagi anda yang memiliki masalah dalam sex seperti kurang bergairah, cobalah anda mengkonsumsi buah mangga. Mangga memiliki kadar vitamin E yang cukup untuk dapat membantu meningkatkan gairah seksualnya.

Mencerahkan Kulit – Bukan hanya kesehatan dalam saja yang harus kita jaga, tetapi kesehatan dari luar seperti kulit juga harus kita jaga dengan baik. Mengkonsumsi buah mangga secara rutin dapat mencerahkan kulit baik kulit tubuh maupun kulit wajah. Selain itu, buah mangga ini juga dapat mengatasi masalah pori-pori dan jerawat.

Dari berbagai manfaat yang kita jumpai dari buah mangga ini, tentunya kita semakin sadar akan pentingnya mengkonsumsi buah-buahan. Dengan mengkonsumsi buah, maka dapat memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh kita. Terimakasih.

Agen Poker