8 Makanan Penting Untuk Para Ibu Hamil - Infotainment News Online Terkini

JagatMoms

8 Makanan Penting Untuk Para Ibu Hamil

on

makanan-untuk-ibu-hamil

Kehamilan tentunya menjadi sebuah harapan besar bagi setiap wanita yang sudah berkeluarga dan karena itu seorang wanita harus benar-benar bisa menjaga kehamilannya dengan baik agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti keguguran dll. Agar kelak anak dapat lahir dengan sehat, tentunya tidak lepas dari peran makanan yang dikonsumsi ibunya pada saat hamil. Wanita yang sedang hamil tidak boleh mengkonsumsi makanan secara sembarangan.

Jenis buah seperti nanas merupakan buah yang harus dihindari karena nanas mengandung getah yang dapat menyebabkan keguguran. Makanlah makanan yang banyak mengandung gizi dan nutrisi. Sayur-sayuran sangat cocok dikonsumsi wanita hamil untuk memberikan nutrisi pada anak ketika masih berada didalam rahim. Selain sayur ada juga jenis makanan lain yang penting untuk wanita hamil.

Makanan Penting Untuk Wanita Hamil

Telur – Mungkin akan terasa sedikit mual jika wanita yang tengah hamil mengkonsumsi telur, tetapi telur ini sangat baik sebagai sumber protein yang dapat memberikan kesehatan pada ibu hamil beserta janin yang dikandungnya. Telur dapat memberikan kebutuhan protein harian yang cukup, anda bisa mengkonsumsinya dengan berbagai cara baik didadar maupun direbus.

Sayuran Hijau – Mungkin sudah tidak perlu diingatkan lagi bahwa wanita yang tengah hamil harus banyak-banyak makan sayuran hijau. Tetapi kami akan memberikan sedikit alasan mengapa wanita hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam karena sayur bayam kaya akan asam folat dan zat besi. Kedua nutrisi ini akan memberikan kesehatan pada janin ketika masih berada didalam rahim.

Kacang-kacangan – Para ahli menyarankan kepada wanita hamil untuk mengganti daging dengan kacang-kacangan. Daging mengandung lemak jenuh yang tidak baik dikonsumsi wanita hamil sedangkan kacang-kacangan mengandung lemak tak jenuh yang dapat memberikan nutrisi bagi perkembangan otak anak nantinya.

Buah Naga – Salah satu buah yang baik dikonsumsi wanita hamil adalah buah naga. Buah ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita karena sudah banyak beredar di pasar-pasar tradisional yang ada di Indonesia. Buah asal China ini sangat baik jika dikonsumsi wanita hamil karena dapat mencegah batuk yang sering dialami terutama pada saat hamil.

Keju – Keju adalah makanan yang baik untuk wanita hamil selanjutnya, tetapi tidak semua jenis keju baik untuk wanita hamil. Jika anda ingin mengkonsumsi keju, pilijlah keju cheddar atau mozzarella karena kedua keju ini dapat memberikan asupan kalsium dan protein yang tinggi bagi tubuh. Setiap ons keju terdapat sekitar 150 – 200 mg kalsium.

Pisang – Sebagai buah yang sangat familiar dimasyarakat, pisang merupakan salah satu buah yang cocok dikonsumsi wanita hamil sebagai penambah energi karena biasanya wanita yang tengah hamil mudah lelah ketika beraktifitas. Buah ini juga mudah dicerna oleh usus sehingga tidak membuat perut anda mual.

Jeruk – Jeruk banyak mengandung vitamin C, asam folat dan serat. Ketiga kandungan ini dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian serta menjaga jumlah air pada tubuh karena jeruk juga banyak mengandung air sehingga anda tidak mengalami dehidrasi yang dapat membahayakan janin.

Apel – Wanita hamil disarankan untuk memperbanyak konsumsi buah dan salah satu buah yang bagus untuk wanita hamil adalah Apel. Apel memilikibanyak kandungan vitamin dan serat yang mudah dicerna tubuh dan buah ini meskipun dikonsumsi dalam jumlah banyak tetapi tidak menyebabkan obesitas.

Demikian beberapa jenis makanan dan buah yang wajib dikonsumsi pada wanita hamil. Jagalah kehamilan anda dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan menghindari makanan yang dapat membahayakan kesehatan janin. Terimakasih.

Recommended for you