Tips Jitu Memilih dan Membeli Motor Second

47

Tips Jitu Memilih dan Membeli Motor Second

Jika kalian sedang memiliki minat atau niat sedang mengincar motor bekas atau second yang begitu amat anda inginkan dan sangat pas dengan isi dompet di kantong anda, kalian harus memiliki tips jitu agar tidak tertipu dengan tampilan luarnya motor second itu.

Kira – kira apa yah tips jitunya untuk memilih dan membeli motor second ini ? yuk ikutin tips jitu dari Sapujagat.com ini :

  1. Memastikan terdapat garansi

Orang yang belum mengerti masih bisa saja termakan oleh tawaran manis penjual motor second. Oleh karena hal tersebut, meskipun tidak mengerti dengan pasti fisik kendaraan motor, pembeli wajib memastikan garansinya.

Jimmy menuturkan bahwa terdapat sejumlah tawaran-tawaran yang diberikan kepada pembeli agar mereka terpikat, satu-dua bulan pergi menuju toko, ketika ditanya perihal garansi katanya “itu adalah soal mudah”. Tetapi apa yang terjadi sesudah bulan-bulan berikutnya, dengan pertanyaan yang sama, jawabannya berbeda seperti “ooh tidak bisa, Pak, itu harus bayar…” Oleh sebab itu, bertanyalah mengenai jangka waktu garansi dan bagaimana bentuknya. Termasuk di situ jaminan spare part atau bukan. Didetailkan saja.

  1. Memastikan banyaknya DP

Mengangsur motor, termasuk yang second, pasti dimulai dengan down payment (DP). Akan tetapi, terkadang uang muka yang tercantum pada brosur ataupun yang lain, cuma untuk memikat pembeli, namun faktanya diikuti dengan tambahan anggaran-anggaran  yang lain. Untuk itu tanyakanlah juga kebenaran mengenai anggaran uang mukanya.

Menurut Jimmy, hal-hal yang perlu ditanyakan seperti uang mukanya itu tidak akan ada tambahan kembali, apakah termasuk asuransi, termasuk cicilan awal. Dengan demikian, kita mengetahui banyak hal dan menjadi tidak awam lagi.

  1. Menanyakan perihal denda

Jika Anda membeli motor yang awalnya dimiliki dengan bayar kreditan. Pada kasus ini, bisa saja pembeli awal absen dalam membayar cicilan kredit motor second. Anda sebagai pembeli berikutnya tentu akan sebal ketika wajib membayar denda karena keterlambatan menyicil. Untuk itu, pembeli perlu mengerti juga banyaknya denda yang dikenankan.

Denda juga harus ditelusuri secara lebih detail, denda yang berlaku hanya berdasar pada bulan atau dikalkulasi setiap hari. Tanyakan juga banyaknya denda per harinya.

  1. Didatangi debt collector

Bagaimana jika Anda tiba-tiba dikunjungi debt collector yang sering menjadi “sosok neraka” bagi pembeli motor secara kredit? Hal ini sudah pasti menimbulkan permasalahan. Dengan demikian, pembeli juga harus bertindak realistis dan mengetahui waktu pengambilan paksa kendaraan motor oleh debt collector setelah pembeli lupa menyicil.

Jimmy juga mengungkapkan bahwa, jika kolektor akan menjemput paksa motor, durasi yang diberikan berapa lama. Sebagai konsumen kita harus mengetahui perihal tersebut. Penjual pun harus menjelaskan perihal tersebut pada pembeli. Jangan hanya memiliki uang lima ratus ribu, kemudian memutuskan memulai kredit, lalu tidak sanggup membayar, dihampiri debt collector, berkelahi karena motornya diambil. Sesungguhnya seluruhnya sudah jelas, sepeda motor tersebut dikembalikan dalam kurun waktu 30 sampai 60 hari, baru dicabut debt collector, atau berapa banyaknya denda dan pertanyaan sejenisnya.

Nah itu semua adalah tips jitu memilih atau membeli motor second, semoga informasi yang sapujagat.com berikan dapat membantu anda membeli motor second namun kondisi seperti baru.