5 Jenis Sakit Kepala dan Gejalanya

45

sakit-kepala-dan-gejala

Sakit kepala merupakan penyakit yang sudah biasa kita alami bahkan hampir setiap bulan kita mengalami sakit kepala. Berbagai hal dapat menyebabkan kita terkena sakit kepala salah satunya karena kurang istirahat dan karena daya tahan tubuh yang lemah. Tetapi ketahuilah bahwa sakit kepala memiliki beberapa jenis dengan tingkatan bahaya yang berbeda-beda. Sebagai contoh ketika seseorang terkena penyakit jantung maka gejala awal yang biasa terjadi adalah sakit kepala. Untuk itu kita tidak boleh meremehkan masalah yang satu ini karena bisa jadi sakit kepala yang anda alami adalah penyebab dari penyakit jantung.

Pada tahun 2007 lalu, International Headache Society menyebutkan bahwa sakit kepala memiliki jenis dan spesifikasi yang berbeda-beda. Ada tiga kategori utama untuk menentukan jenis-jenis sakit kepala yaitu sakit kepala primer, sekunder dan nyeri saraf kranial (Cranial Neuralgia). Sakit kepala premier contohnya migrain, tension dan cluster. Berbeda jenis sakit kepala, berbeda pula penyebabnya.

Untuk itu kita harus mengetahui jenis-jenis sakit kepala dan penyebabnya agar kita dapat dapat tahu masalah apa yang terjadi pada kesehatan anda. Berikut ini ada berbagai jenis sakit kepala dan gejala yang biasa dialaminya.

5 Jenis Sakit Kepala dan Gejalanya

Sakit Kepala Migrain – Di Amerika Serikat telah diperkirakan sekitar 12% dari jumlah populasi penduduk akan mengalami sakit kepala migrain. Sakit kepala migrain atau yang kita kenal dengan sakit kepala sebelah ini dapat menyerang siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Biasanya orang yang terkena migrain akan mengalami sakit kepala selama berjam-jam bahkan hingga berhari-hari. Selain itu ia jua akan mengalami muntah-muntah serta terjadi peningkatan detak jantung.

Sakit Kepala Cluster – Sakit kepala cluster merupakan jenis sakit kepala premier yang biasa terjadi pada anak-anak dan usia remaja. Ada beberapa gejala yang biasa terjadi ketika kita terkena sakit kepala cluster diantaranya seperti sering merasa nyeri pada bagian kepala setiap 30 sampai 90menit sekali, Sakit kepala cenderung terjadi pada waktu yang sama namun dihari yang berbeda dan kerap bangun dimalam hari ketika tengah tertidur pulas, salah satu lubang hidung seperti tersumbat sehingga merasa sesak dan meler. Sakit kepala seperti ini memang tidak begitu membahayakan, tetapi sangat erat kaitannya dengan gejala stroke yang biasa terjadi.

Sakit Kepala Sinus – Sakit kepala ini biasanya dirasakan pada bagian depan atau wajah dan disebabkan karena peradangan pada rongga sinus yang terletak didahi. Sakit kepala sinus biasanya disebabkan karena faktor fisik seperti demam, flu dan gejala premenstrual syndrome. Orang yang berusia diatas 50 tahun lebi beresiko mengalami sakit kepala ini yang disertai dengan gangguan penglihatan dan sakit ketika mengunyah.

Sakit Kepala Tegang Atau Tension Headches – Orang yang terkena sakit kepala jenis ini maka ia akan merasakan kepalanya seperti diikat erat hingga otot tegang dan timbul rasa sakit pada leher, kulit kepala dan rahang. Sakit kepala tengang biasanya terjadi karena depresi, stres, kecemasan dan terlalu lama berkerja sehingga kurang tidur dan timbullah sakit kepala.

Neuralgia – Nyeri saraf atau neuralgia menggambarkan jenis sakit kepala yang dibebabkan karena saraf pada leher dan kepala bagian atas mengalami peradangan. Hal tersebut menjadi sumber penyebab seseorang terkena Neuralgia. Meskipun tidak begitu berbahaya, tetapi anda akan mengalami nyeri pada bagian wajah.

Demikian beberapa jenis sakit kepala yang dapat anda ketahui, cegahlah berbagai hal yang dapat menyebabkan kita terkena sakit kepala karena jika kita terlalu sering mengalami sakit kepala maka bisa menjadi penyebab penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke. Terimakasih.