Gempa Nepal, 100 Pendaki Terperangkap di Basecamp Everest

32

gempa nepal

 

Sapujagat.com –┬áMenurut Lembaga Survei Geologi Amerika Serikat, pusat gempa terletak di area antara Ibu Kota Kathmandu dan Kota Pokhara. Namun, gempa dapat dirasakan hingga negara tetangga, seperti India, Bangladesh, Tibet, dan lereng Gunung Everest.

Ada sekitar 100 pendaki yang diperkirakan terjebak di basecamp 1 dan 1 orang di Puncak Everest, setelah Nepal diguncang gempa berkekuatan 7.9 SR. Para pendaki itu selamat setelah terjadi longsor salju usai gempa.

Seperti diberitakan Reuters, Minggu (26/4/2015), Presiden Nepal Mountaineering Association (NMA) Ang Tshering Sherpa mengatakan akan sulit melakukan evakuasi kepada para pendaki. Karena, jalur kembali ke basecamp telah tertutup akibat longsor salju.

Dia menyebutkan, longsoran salju sempat menghantam sebagian basecamp. Sementara itu, salah seorang pemandu, Shinji Tamura mengatakan sekitar 40 orang terluka akibat longsoran salju yang disebabkan oleh gempa yang mengguncang Nepal kemarin. Gempa di Nepal telah menewaskan sekitar 1.800 orang.

“Tidak ada yang tahu berapa banyak yang hilang,” kata Shinji.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menerima informasi 3 pendaki gunung asal Indonesia selamat saat gempa terjadi.

“Kita dapat informasi 3 orang yang teridentifikasi selamat dan keluarga sudah menghubungi,” ujar Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kemlu, Lalu M Iqbal.

Lalu belum mendapatkan identitas ketiga pendaki gunung tersebut. Mengenai ada atau tidaknya rombongan pendaki gunung WNI lainnya yang berada di lokasi, Lalu belum dapat memastikan lebih jauh.

“Kita belum dapat informasi dari 3 orang yang selamat itu siapa dan asal mana saja. Kita juga belum tahu ada atau tidaknya rombongan lain,” sambungnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika Nepal, Minendra Rijal, mengatakan minimnya informasi soal gempa mengakibatkan banyaknya korban jiwa yang jatuh. Bahkan warga yang tinggal di area pusat gempa pun hampir tak mendapatkan informasi.