Waw !! Ternyata Gempa Di Nepal Telah Di Prediksi Oleh Para ilmuwan

23

Waw !! Ternyata Gempa Di Nepal Telah Di Prediksi Oleh Para ilmuwan

Hingga pagi tadi, korban tewas akibat gempa dahsyat mencapai jumlah 1805 orang, sementara 4.718 orang terluka, merujuk data dari menteri dalam negeri Nepal. Gempa tersebut turut memicu longoran salju besar di Gunung Everest, mengubur belasan pendaki dari berbagai negara.

Gempa yang mengguncang Nepal, Sabtu (25/4), telah membuat kerusakan terparah dalam 81 tahun terakhir. Jalanan, bangunan, serta ribuan korban jiwa tidak luput dari ganasnya gempa yang mencapai 7,9 skala richter ini.

Gempa mahadahsyat ini rupanya telah diprediksi oleh para ilmuwan geologi sejagat. Seminggu sebelum gempa terjadi, sebanyak 50 ahli gempa dan para ilmuan mendatangi Nepal untuk meneliti salah satu kota termiskin paling padat penduduk.

Hasil penelitian mereka terpaku pada sesuatu yang sangat mengkhawatirkan, karena ada potensi gempa tektonik di sana. Namun pada saat itu mereka belum bisa menerka akan ada gesekan lempeng bumi akan menghasilkan tenaga 7,9 SR, lalu memicu kerusakan besar di seantero Nepal.

“Hal itu merupakan mimpi buruk mengerikan yang terjadi. Saya tidak membayangkan bahwa hal tersebut terjadi begitu cepat, saat kami meneliti tempat itu seminggu yang lalu memang lokasi tersebut dirasakan akan ada sebuah masalah,” ungkap James Jackson, ahli ilmu gempa dari Univesitas Cambridge di Inggris seperti dilansir situs Telegraph, Minggu (26/4).

Dilain pihak, para korban gempa Nepal yang selamat telah menghabiskan malam pertama mereka dengan bermalam di sepanjang trotoar jalan dan hanya bermodalkan selimut serta alas seadanya. Sebagian dari mereka pun memilih untuk tetap terjaga dan memanjatkan doa sepanjang malam paska insisden gempa tersebut, seperti dilansir situs Times of India.

Agen Poker
Loading...