Badai Dahsyat ‘siklon mini’ Tewaskan 45 Orang di Pakistan

35

89140_620

 

Sapujagat.com – Seorang ayah membawa anaknya yang tewas akibta badai aneh di Peshawar, Pakistan pada Minggu (26/4). Sebuah badai dahsyat di wilayah barat daya Pakistan, yang disebut warga sekitar sebagai “siklon mini,” telah menewaskan 45 orang dan melukai 200 lainnya.

Seperti dilansir Reuters, pasukan tentara langsung terjun ke lokasi di Peshawar tersebut untuk melakukan upaya penyelamatan.

“Kami tidak pernah mengalami angin badai yang begitu dahsyat di wilayah ini selama ini,” ujar Kepala Kantor Meteorologi Peshawar, Mushtaq Shah.

Menurutnya, kecepatan angin badai tersebut mencapai 120 knot perjam. “Hal inilah yang menyebabkan kerusakan dalam skala besar. Ini adalah fenomena yang benar-benar baru di wilayah ini,” katanya.

2199f9e0-521c-4f4d-a9e5-c9c1aaba12cc_169 uB0NZ8Ven1

 

Angin kencang yang disertai dengan hujan lebat ini melumpuhkan pasokan listrik dan layanan telekomunikasi. Beberapa infrastruktur kota dan rumah sakit juga rusak akibat badai aneh ini.

Cuaca buruk di Pakistan ini juga memaksa militer Pakistan membatalkan dua penerbangan ke Nepal yang seharusnya membawa bantuan bagi korban gempa bumi.

Menteri Informasi Provinsi Mushtaq Ghani mengaku sedang mengestimasi total kerugian akibat badai ini. Ia khawatir ratusan hewan ternak di sekitar Peshawar tewas dalam badai.

Aliran listrik di Peshawar dan distrik Nowshera serta Charsadda masih belum pulih. Ghani menyebut 29 korban tewas berasal dari Peshawar, 10 dari Charsadda dan lima di Nowshera.

Pejabat senior Aamir Afaq melaporkan pada AFP bahwa bantuan darurat berupa makanan, minuman, obatan-obatan dan pengungsian sementara sedang disalurkan ke masyarakat yang terkena imbas bencana.