Mary Jane Riwayatmu Kini - Infotainment News Online Terkini

JagatNews

Mary Jane Riwayatmu Kini

on

Mary Jane eksekusi mati

Sapujagat.comMary Jane merupakan salah seorang dari sembilan terpidana mati yang sedang menanti eksekusi hukuman mati di LP Nusakambangan dan mengajukan Peninjauan Kembali yang kedua setelah PK pertamanya ditolak Maret lalu.

Warga Filipina itu ditangkap di Bandar Udara Adisucipto, Yogyakarta, tahun 2010 lalu karena membawa 2,6 kilogram heroin.

Juru bicara Pengadilan Negeri Sleman, Marliyus, menjelaskan bahwa pengadilan tidak bisa menerima Peninjauan Kembali untuk kedua kalinya.

“Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) Nomor 7 Tahun 2014 tentang Pembatasan Pengajuan Peninjauan Kembali (PK) menyebutkan pengajuan PK bagi terpidana hanya bisa dilakukan satu kali,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan pembicaraan dengan Presiden Filipina Benigno Aquino di sela-sela acara KTT ASEAN, Malaysia terkait nasib Mary Jane Fiesta Veloso, terpidana hukuman mati asal Filipina. Menurut Jokowi, Presiden Benigno Aquino telah menyampaikan permohonan agar Mary Jane Fiesta Veloso diberikan ampunan.

“Ya intinya dia menyampaikan untuk diberikan pengampunan,” kata Jokowi setibanya di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (27/4).

Kendati demikian, ia melanjutkan, belum ada tanggapan yang disampaikan ke Benigno. Jokowi justru mengaku akan menggelar pertemuan dengan Jaksa Agung HM Prasetyo terkait eksekusi mati terpidana narkoba.

“Nanti akan saya telepon. Saya akan tanyakan ke Kejaksaan Agung, akan saya telepon lagi ke Presiden Aquino langsung atau ke Menlu untuk disampaikan ke Presiden Aquino, kata dia

Untuk diketahui, grasi yang diajukan Mary Jane Fiesta Veloso telah ditolak oleh Presiden Joko Widodo. Kini, Mary Jane tengah menunggu hasil permohonan Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan untuk kedua kalinya. Di PK kedua ini, Mary Jane memasukkan dimensi perdagangan manusia dimana dirinya telah menjadi korban perdagangan manusia.

Recommended for you