Mark Zuckerberg Galang Dana Lewat Facebook Demi Membantu Korban Gempa Nepal

25

Mark Zuckerberg Galang Dana Lewat Facebook Demi Membantu Korban Gempa Nepal

Lewat laman Facebook resminya, International Medical Corps menunjukkan kinerja mereka membantu para korban bencana gempa di Nepal. Di antaranya, mereka melakukan evakuasi, menyelamatkan nyawa, memberikan obat-obatan dan perlengkapan, serta berusaha menjangkau ke daerah-daerah terpencil.

“Untuk segera membantu mereka yang terkena dampak gempa Nepal, kirim SMS dengan formad MED ke 80888 untuk memberikan USD 10 dalam mendukung tanggap darurat International Medical Corps,” tulis mereka. SMS donasi itu hanya berlaku untuk operator dari Amerika Serikat.

Pendiri Facebook Mark Zuckerberg merasa prihatin dengan gempa dahsyat 7,9 Skala Richter (SR) yang melanda Nepal hingga menewaskan 4 ribu orang lebih, dan melukai ribuan lainnya. Ia pun melakukan aksi galang dana lewat Facebook.

“Hari ini kami meluncurkan kampanye khusus untuk membantu mengumpulkan dana bagi mereka yang terkena dampak gempa Nepal,” demikian tulis Zuckerberg lewat akun Facebook resminya, Selasa (28/4/2015).

Dijelaskan Zuckerberg, di bagian atas News Feed para pengguna Facebook, akan ada tombol donasi untuk disumbangkan bagi korban gempa Nepal lewat lembaga International Medical Corps yang tengah berada di lokasi bencana memberikan bantuan. Donasi akan dikumpulkan hingga mencapai USD 2 juta.

“Dana akan didistribusikan untuk bantuan dan penyelamatan organisasi lokal yang bekerja untuk memberikan bantuan langsung dan berkelanjutan,” jelas Zuckerberg. Katanya, mari bersama-sama membantu mereka, saudara-saudara kita yang membutuhkan di Nepal.

Di Facebook, Zuckerberg juga telah mengaktifkan fitur ‘Safety Check’ untuk orang-orang yang terkena dampak gempa di Nepal. “Ini adalah cara sederhana untuk membiarkan keluarga dan teman-teman tahu kau baik-baik saja,” ucapnya.

Mark kemudian menjelaskan fitur ‘safety check’ itu. “Jika Anda berada di salah satu daerah yang terkena gempa, Anda akan mendapatkan pemberitahuan menanyakan apakah Anda aman, dan apakah Anda ingin memeriksa semua teman-teman Anda,” jelasnya.

“Ketika bencana terjadi, orang perlu mengetahui orang yang mereka cintai aman. Ini saat-saat seperti ini yang mampu menghubungkan benar-benar penting,” lanjut Zuckerberg. Ia mengungkapkan simpati yang mendalam kepada para korban gempa.

“Pikiran saya dengan semua orang yang sudah terjebak dalam tragedi ini,” imbuhnya.

Agen Poker