Inilah Alasan Mengapa Mary Jane Di Batalkan Eksekusinya

25

Inilah Alasan Mengapa Mary Jane Di Batalkan Eksekusinya

Untuk diketahui, Pengacara Mary Jane selama ini telah mengatakan bahwa kliennya dijebak Maria Kristina Sergio untuk membawa 2,6 kg heroin ke Indonesia tanpa ia sadari. Dan Sergio telah menyerahkan diri kepada polisi Filipina, Selasa (28/04/2015).

Seperti yang dikutip CNN dari keterangan kelompok hak-hak migran di Filipina yaitu Migrante, Sergio menyerahkan diri ke Kantor Polisi Cabanatuan City. Polisi Filipina sebelumnya sudah menuntut Sergio dan dua orang lainnya atas penipuan, perekrutan tenaga kerja ilegal, dan perdagangan manusia.

Dalam sebuah wawancara dengan CNN Newsroom Filipina, staf di Migrante, Chrs Valdez mengatakan bahwa Sergio menyerahkan diri bersama pasangannya, yaitu Julius Lacanilao, yang juga menghadapi tuduhan perekrutan tenaga kerja ilegal. Pasangan tersebut menyerahkan diri pada sekitar pukul 10.00 waktu setempat.

Meskipun menyerahkan diri, tapi Sergio tetap bersikukuh bahwa dirinya tidak bersalah atas semua tuduhan terhadap dirinya. Berdasarkan laporan sebelumnya, Sergio, Lacanilao, dan seorang pria lain, yang dikatakan keturunan Afrika dan diidentifikasi hanya sebagai Ike, merupakan orang-orang yang merekrut Mary Jane. Mereka menjanjikan kepada Mary Jane pekerjaan di Malaysia.

Dengan dibatalkannya eksekusi terhadap Mary Jane, kini tercatat ada delapan terpidana mati kasus narkoba sudah dieksekusi di Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Berdasarkan informasi eksekusi sudah dilakukan sekira pukul 00.25 WIB tadi.

Terpidana mati kasus narkoba Mary Jane Fiesta Veloso atau Mary Jane batal dieksekusi dalam eksekusi mati tahap dua di Pulau Nusakambangan, Jawa Tengah, Rabu (29/4/2015). Pembatalan eksekusi terhadap warga Filipina ini atas instruksi langsung dari presiden Joko Widodo atau Jokowi.

“Presiden Joko Widodo menginstruksikan Jaksa Agung untuk menunda eksekusi Mary Jane dengan pertimbangan menunggu proses hukum di Filipina selesai,” demikian sebagaimana ditayangkan Kompas TV.