Cara Menghilangkan Rasa Malas Belajar, Bekerja dan Sholat

90

Cara Menghilangkan Rasa Malas Belajar, Bekerja dan Sholat

Sapujagat.com – Bagi sebagian orang belajar, bekerja dan sholat itu merupakan hal yang setiap hari kita lakukan dan tentunya kerap menimbulkan rasa bosan sehingga kita malas untuk melakukannya. Secara definitif malas merupakan kondisi dimana seseorang kehilangan gairan untuk melakukan aktifitas tertentu dan tentunya hal ini akan menghambat kesuksesan anda. Banyak orang yang gagal karena malas, untuk itu sebisa mungkin kita harus bisa mengendalikan diri kita dan mengendalikan rasa malas yang kerap muncul pada diri kita.

Kemalasan merupakan musuh produktifitas yang harus kita lawan. Kebiasaan menunda merupakan bagian dari rasa malas, untuk itu dalam melakukan tindakan baik itu urusan pekerjaan atau yang lainnya kita tidak boleh setengah-setengah karena hasilnya tidak akan maksimal. Kerjakanlah dengan penuh tanggung jawab agar tercapai hasil yang diinginkan. Kemalasan hanya akan menunda kesuksesan kita, untuk itu cegahlah diri anda dan hindari rasa malas. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat menghilangkan rasa malas baik ketika bekerja, belajar maupun sholat.

Cara Menghilangkan Rasa Malas Belajar, Bekerja dan Sholat :

1. Kerjakan Hal Yang Sulit Dipagi Hari – Ketika dipagi hari pada jam-jam tertentu otak kita memiliki daya konsentrasi yang tinggi sehingga untuk mengerjakan hal-hal yang sulit akan mudah dikerjakan jika pada pagi hari. Biasakan anda untuk bangun pagi, sarapan kemudian mandi. Jika anda memiliki pekerjaan yang sulit untuk dikerjaan, cobalah anda mengerjakannya dipagi hari. Hal yang sulit terkadang membuat kita malas untuk berfikir untuk itu cobalah hal tersebut.

2. Rutin Berolahraga – Mungkin yang kita ketahui hanya olahraga dapat menjaga kesehatan agar tubuh kita tetap sehat. Tetapi bukan hanya itu, olahraga dapat membuat kita lebih bersemangat untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Untuk itu sebisa mungkin luangkan sedikit waktu minimal 15 menit untuk sekedar jogging agar tubuh berkeringat. Selain olahraga anda juga dapat mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti buah dan sayur karena rasa malas juga dapat timbul akibat tubuh kurang mendapat asupan gizi seperti vitamin dan mineral.

3. Rubah Pola Belajar – Jika anda kerap malas untuk belajar, cobalah untuk mengganti pola belajar atau metode dalam belajar. Anda dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti gadget atau smartphone untuk belajar. Selain itu anda juga bisa menggunakan audio visual atau membuat DVD atau file belajar kemudian anda belajar menggunakan laptop.

4. Jangan Menunda Pekerjaan – Rasa malas yang kerap terjadi biasanya dikarenakan kita selalu menunda-nunda pekerjaan sehingga pekerjaan menumpuk dan kita malas untuk menyelesaikannya. Sebaiknya anda hindari kebiasaan buruk seperti itu, jika anda mendapatkan pekerjaan atau ada PR disekolah atau sudah masuk waktu sholat, maka segera kerjakanlah kewajiban tersebut. Jangan menunda-nunda jika anda tidak sedang melakukan apa-apa. Dengan cara seperti itu maka anda akan terhindar dari rasa malas yang kerap menghantui.

5. Membasuh Muka – Mengantuk bisa menjadi penyebab seseorang merasa malas untuk melakukan sesuatu. Untuk itu ketika anda mulai merasa ngantuk, ambillah air untuk mencuci muka atau berwudlu maka wajah dan mata anda akan kembali fresh.

6. Lihat Teman Yang Sukses – Jadikan teman anda yang sukses sebagai motivasi agar kita lebih giat lagi dalam bekerja. Selalu berfikir positif agar tidak menyurutkan niat anda untuk mengejar kesuksesan.

Demikian beberapa cara untuk menghilangkan rasa malas yang kerap menghantui kita. Lakukanlah hal-hal yang menurut anda menyenangkan dan jika anda ingin bekerja, pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan keahlian kita. Terkadang pekerjaan yang tidak sesuai keinginan kerap menimbulkan rasa malas pada diri kita. Terimakasih.