Font Times New Roman Yang Ada Di CV Dapat Membuat Pelamar Susah Diterima Kerja, Kok Bisa ?

51

Back to the office

Times New Roman memang sederhana dan terlihat formal. Wajar jika banyak pelamar menganggap font Times New Roman merupakan jenis huruf yang tepat untuk ditaruh di surat lamaran. Terlebih banyak guru dan dosen yang memerintahkan muridnya untuk menggunakan huruf tersebut pada lembar tugas. Namun pendapat Martina ini didukung oleh beberapa pihak salah satunya blog perekrutan Creative Group. Blog tersebut mengatakan jika Times New Roman tampak membosankan karena terlalu banyak yang menggunakan.

Selain Times New Roman, Calibri, Helvana, Verdana, serta Helvetica juga disarankan untuk ditinggalkan. Calibri sebaiknya dihindari pelamar karena membuat CV terlihat berlebihan, terlebih jika Anda melamar sebagai desainer atau pekerjaan seni lainnya. Helvana memang memiliki desain nan klasik namun tidak semua orang menyukainya.

Sedangkan Verdana sebenarnya merupakan huruf yang indah, bahkan beberapa penelitian mengungkapkan bila jenis huruf itu menggambarkan objektivitas, stabilitas, dan modernitas. Apakah huruf ini disarankan? Sayangnya tidak.

“Terlalu besar dan norak…terlihat seperti sesuatu yang diperkirakan dibuat oleh seorang remaja.” ungkap salah satu perekrut kerja dalam situs The CV Store.

CV merupakan perwakilan diri kita kepada pihak perusahaan yang ingin diajukan lamaran kerja. Agar diterima, Anda perlu memperhatikan setiap detailnya, tak terkecuali huruf yang digunakan.
Kebanyakan orang mungkin tidak sadar jika jenis huruf pada CV dan surat lamaran dapat mempengaruhi penilaian perekrut kerja. Namun para ahli typography dan penasihat karier mengungkapkan sebaliknya. Bahkan ada beberapa jenis huruf yang dapat membuat kesempatan dipanggil wawancara menurun drastis, salah satunya Times New Roman.

Benar, Times New Roman adalah jenis huruf klasik yang paling sering digunakan. Tidak heran karena font tersebut sering menjadi huruf otomatis dalam sistem komputer atau laptop. Menurut ahli font, Martina Flor, jika Anda mengetik lamaran dengan huruf Times New Roman sama saja seperti mengenakan celana olahraga ke tempat kerja. Mengapa?

“Aku sebenarnya tidak bermasalah dengan Times New Roman. Itu sering digunakan dan disalah gunakan. Itu memberi kesan bahwa Anda tidak mau berpikir untuk memilih jenis huruf. Itu seperti mengenakan celana olahraga,” ujar Martina pada situs Bloomberg.