Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

48

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sapujagat.com – Ada berbagai macam jenis jeruk di Indonesia salah satunya adalah jeruk nipis. Bentuknya yang kecil mungil dengan rasa yang asam menjadi ciri khas dari jeruk nipis. Buah yang memiliki nama latin Citrus Aurantifolia ini banyak tumbuh di Indonesia terutama pulau Jawa. Jeruk nipis menjadi sangat terkenal akan khasiatnya baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Berbagai kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin C.

Vitamin C merupakan nutrisi yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar kita tidak rentan terhadap berbagai penyakit. Dirumah, jeruk nipis ini kerap digunakan sebagai penyedap masakan, minuman dan sebagai bahan pembersih karat pada logam. Selain vitamin C, jeruk nipis juga memiliki kandungan lain seperti linalool, flavonoid, asam sitrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A dan B1. Kandungan asam sitrat sangat bermanfaat bagi pasien yang telah melakukan operasi batu ginjal yaitu untuk mencegah agar penyakit batu ginjal tidak kambuh lagi.

Untuk masalah kecantikan, jeruk nipis ini kerap digunakan untuk perawatan tubuh bahkan beberapa perusahaan menggunakan jeruk nipis sebagai bahan untuk membuat produk kecantikan seperti masker dll. Jika anda ingin mengetahui lebih dalam tentang manfaat jeruk nipis, berikut ini kami akan berikan beberapa informasi tentang manfaat jeruk nipis bagi kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan :

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh – Seperti yang telah kami sebutkan tadi bahwa jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C akan memberikan perlindungan kepada anda dari berbagai penyakit. Selain itu jeruk nipis juga dapat mengatasi masalah sariawan dan bibir pecah-pecah caranya anda dapat melarutkannya dengan air kemudian tambahkan sedikit gula pasir dan diminum secara rutin.

2. Mengatasi Radan Tenggorokan – Jeruk nipis dapat anda gunakan untuk mengatasi radang tenggorokan. Cara membuat ramuan ini yaitu dengan menggunakan jeruk nipis yang sudah masak kemudian diperas dan air perasan jeruk nipis ini anda minum dengan menambahkan sedikit madu agar rasanya tidak terlalu asam. Minum ramuan ini tiga kali sehari seperti anda minum obat.

3. Mengobati Sembelit – Sembelit atau susah buang air besar dapat anda atasi dengan mudah yaitu menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat akan merangsang dan mengatur pergerakan usus sehingga dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan karena sembelit dan jika minuman ini anda konsumsi dalam jumlah banyak, maka BAB anda akan lancar.

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kecantikan :

1. Melebatkan Rambut – Memiliki rambut yang indah dan lebat tentunya sudah menjadi keinginan setiap orang karena rambut merupakan mahkota yang harus kita jaga keindahannya. Dengan menggunakan jeruk nipis, anda dapat menebalkan rambut anda dua kali lipat dari sebelumnya. Cara menggunakannya yaitu dengan menambahkan satu butir kuning telur kedalam air perasan jeruk nipis kemudian anda kocok dan aplikasikan pada rambut.

2. Membersihkan Komedo – Jika anda memiliki masalah pada wajah seperti jerawat dan komedo, jeruk nipis bisa menjadi alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Komedo merupakan masalah yang sering terjadi terutama pada anak remaja dan untuk membersihkannya, gunakan resep tradisional dari jeruk nipis. Potong tipis jeruk nipis kemudian anda gosokkan pada wajah anda. Jika hal ini anda lakukan secara rutin maka dapat mengatasi komedo dan menghilangkan jerawat.

Jeruk nipis merupakan jenis buah yang memiliki banyak manfaat, untuk itu gunakan jeruk nipis sebaik mungkin agar anda terhindar dari masalah pada wajah. Terimakasih.