Makanan Enak Ini Dapat Mengatasi Sulit Tidur

29

Makanan Enak Ini Dapat Mengatasi Sulit Tidur

Sapujagat.com – Terkadang kesibukan yang kita jalani kerap mengabaikan kesehatan tubuh yang akhirnya dapat menyebabkan kita sakit seperti susah tidur. Gangguan masalah tidur kerap kita sebut insomnia atau susah tidur. Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor. Faktor yang pertama adalah faktor biologis yang mengacu pada umur seseorang. Orang yang sudah berusia lanjut beresiko mengalami insomnia lebih besar dibandingkan dengan yang masih mud dan. Selain itu pengaruh obat-obatan juga dapat menyebabkan insomnia.

Faktor yang kedua adalah faktor psikologis yang mengacu pada mental seseorang. Gangguan mental yang kerap terjadi dapat menyebabkan kecemasan dan hal ini dapat membuat kita susah tidur. Berbagai masalah hidup yang dialami membuat kita stres, depresi dan mengalami tekanan mental. Untuk mencegah anda dari insomnia sebaiknya ketika waktu tidur usahakan jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung soda dan kafein. Minuman jenis ini dapat membuat mata kita terjaga lebih lama dari biasanya.

Hindari pula kebiasaan seperti membaca ditempat tidur, bermain gadget dan menonton televisi. Jika anda kerap mengalami susah tidur, kami memiliki beberapa tips untuk mengatasi masalah tersebut salah satunya dengan menggunakan makanan. Ada beberapa jenis makanan yang dipercaya dapat mengatasi susah tidur salah satunya yaitu :

Makanan Yang Dapat Mengatasi Susah Tidur :

1. Almond – Almond memiliki banyak kandungan magnesium yang dapat membuat tidur kita lebih berkualitas. Berdasarkan hasil laborarotium menyebutkan bahwa semakin tinggi kadar magnesium pada makanan maka semakin bagus untuk mengatasi insomsina.

2. Kacang Kenari – Kandungan asam amino pada kacang kenari dapat membantu produksi serotonin dan melatonin yang berfungsi sebagai hormon pengatur siklus tidur dan bangun seseorang. Serotonin dan melatonin dapat membuat kita lebih cepat mengantuk sehingga kita dapat tidur dengan nyenyak. Dari hasil penelitian yang dilakukan di University of Texas meyebutkan bahwa didalam buah kacang kenari terdapat kandungan melatonin yang tinggi sehingga siapa saja yang mengkonsumsinya dapat tidur lebih lelap dari biasanya.

3. Jus Ceri – Jus adalah minuman segar yang menyehatkan, tetapi jus yang satu ini dapat membuat anda tidur lebih cepat. Dari hasil uji laborarorium yang dilakukan di University of Pennsylvania menyebutkan bahwa orang yang mengkonsumsi jus ceri dimalam hari pada jam-jam istirahat, maka orang tersebut akan mengalami perbaikan yang terkait pada gejala insomnia. Untuk itu jika anda kerap mengalami susah tidur, cobalah anda minum jus ceri agar anda bisa cepat tidur.

4. Kubis – Salah satu jenis sayuran hijau yang dapat mengatasi susah tidur adalh kubis. Kubis memiliki kandungan kalsium yang dapat membantu otak menggunakan triptofan untuk memproduksi melatonin. Selain kubis ada juga jenis sayuran lain seperti bayam, sawi dan kangkung. Makanlah sayuran jenis ini dimalam hari agar tidur anda lebih nyenyak dan berkualitas.

5. Madu – Seperti yang kita ketahui bahwa madu memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain menyehatkan, madu juga dapat mengatasi masalah tidur yang kerap mengganggu anda. Menurut ahli gizi menyebukan bahwa jika anda mengkonsumsi madu satu sendok makan sebelum waktu tidur, maka akan membuat tidur anda menjadi lebih nyenyak.

6. Sereal – Satu mangkung sereal sebelum tidur akan membuat anda merasa nyaman dan tidur nyenyak. Hal ini disebabkan karena didalam sereal terdapat dua kombinasi yang dapat memacu kita untuk tidur lebih cepat yaitu kombinasi antara karbohidrat dan kalsium. Kedua kandungan ini terdapat pada sereal yang anda konsumsi.

Dari keenam cara diatas semoga dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah tidur anda yang kurang teratur. Terimakasih.