Hari May Day! Presiden Jokowi Meyakinkan Ini Perayaan dan Aman

41

may day 2015

 

Sapujagat.com – Rangkaian kegiatan para buruh pada hari May Day kali ini ialah melakukan aksi long march ke depan Istana Negara pada pukul 09.30 WIB nanti. Kegiatan dilanjutkan dengan aksi demo di depan Istana hingga pukul 13.00 WIB.

Setelah melakukan salat Jumat di Monas, massa akan bergerak ke Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakpus untuk menikmati panggung hiburan yang akan dimeriahkan oleh musisi Ahmad Dhani.

– Puluhan ribu buruh mulai memadati kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakpus, pagi ini untuk memperingati Hari Buruh (May Day). Kedatangan massa ini disambut oleh aparat polisi yang berjaga.

“May day..May day…Polda Metro Jaya‎ mengucapkan selamat datang kepada rekan-rekan buruh,” sambut Kapolres Jakarta Pusat Kombes Hendro Pandowo melalui pengeras suara, Jumat (1/5/2015) di Bundaran HI.

Dalam sambutannya itu pula, Hendro menyampaikan kesiapan polisi dalam memberikan pelayanan terhadap massa buruh.

“Untuk keperluan salat Jumat rekan-rekan buruh sudah kami siapakan di Monas,” lanjutnya.

may day

Hendro juga memberikan ucapan selamat Hari Buruh kepada massa.

“May day..may day..sekali lagi kami ucapkan Selamat Hari Buruh, semoga buruh tetap jaya dan semakin sejahtera,” tutupnya.

Hingga pukul 08.51 WIB, gelombang buruh terus berdatangan dan memadati pusat kota Jakarta ini. ‎Massa buruh yang datang merupakan gabungan elemen serikat pekerja buruh dari Jakarta, Bekasi, Depok, Tangerang, Bogor, Purwakarta dan Karawang.

Presiden Jokowi: Buruh Tidak Demo, Hanya Perayaan dan Semua Aman

Presiden Jokowi pun berpesan agar masyarakat tak khawatir dengan aksi yang dilakukan para buruh. Menurut Jokowi, aksi buruh akan berlangsung damai.

“Kita sudah ketemu semuanya, terus itu bukan demo kok. Itu adalah peringatan, perayaan hari buruh,” ujar Jokowi di Desa Klitik, Ngawi, Jawa Timur, kemarin (30/4/2015).

Sebelumnya Presiden Jokowi memang sudah bertemu dengan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Ghani Nena Wea. Jokowi bahkan mengajak Andi menuju Semarang dengan pesawat kepresidenan untuk meresmikan program 1 juta rumah.

“Kita kemarin ketemu sudah bicara transportasi, perumahan, semuanya kita sudah bicara semuanya. (Aksi) baik-baik saja,” tutur Jokowi kemudian.

Pada hari ini Presiden Jokowi tengah berada di Solo, Jawa Tengah usai meresmikan Jalan Tol Solo – Ngawi yang dilakukan kemarin. Pembangunan jalan tol disebut Jokowi juga salah satu upaya pemerintah mengurangi beban transportasi sehingga harga kebutuhan pokok menurun dan masyarakat dapat menikmati hasilnya.

Sementara itu Andi Ghani saat diajak Jokowi pun menjanjikan aksi buruh yang damai. Dia bahkan menyebut tak akan ada penutupan jalan tol serta tempat strategis lainnya.

“Saya pastikan bahwa 1 Mei aman dan tidak perlu dikhawatirkan. Tidak ada tutup jalan tol dan lokasi strategisnya serta tidak ada perusakan aset negara dan pemerintah,” kata Andi saat groundbreaking rusunawa di Ungaran, Jawa Tengah, Rabu (29/4).