Penyebab dan Cara Mengobati Tifus Secara Alami - Infotainment News Online Terkini

JagatTips

Penyebab dan Cara Mengobati Tifus Secara Alami

on

Penyebab dan Cara Mengobati Tifus Secara Alami

Sapujagat.com – Salah satu penyakit yang biasa menyerang kita adalah tifus. Tifus merupakan penyakit yang terjadi peradangan pada usus dan biasanya penyakit ini disebabkan karena pola makan yang kurang teratur. Namun secara medis, tifus merupakan penyakit yang disebabkan karena bakteri salmonella yang masuk kedalam tubuh sehingga menyebabkan usus mengalami peradangan. Orang yang terkena penyakit ini biasanya ia akan mengalami gejala awal seperti demam tinggi dalam waktu kurang dari satu minggu.

Suhu badan meningkat dan merasa perih pada bagian perut akibat peradangan usus. Tifus atau tipes merupakan penyakit yang cukup berbahaya, untuk itu kita harus menghindarinya. Selain gejala diatas, adapun hal lain yang biasa dirasakan ketika kita terkena tipes yaitu susah buang air besar, badan terasa lemas, mual seperti ingin muntah, batuk dan hilangnya napsu makan. Penyakit tipes ini biasanya disebabkan karena kurang istirahat. Istirahat yang ideal adalah 6 sampai 8jam perhari.

Selain itu, makanan yang kurang bersih juga dapat membuat kita terkena tipes. Untuk itu sebelum mengkonsumsi makanan sebaiknya anda perhatikan terlebih dahulu kebersihan dari makanan tersebut karena bisa jadi pada makanan yang anda konsumsi terdapat bakteri salmonella yang merupakan bakteri penyebab tipes. Seseorang yang terkena penyakit tipes akan menunjukkan beberapa hasil tes darah salah satunya seperti rendah kadar sodium, enzim pada liver meningkat tajam dan mengalami keluhan pada area ginjal.

Berbagai cara dapat anda lakukan untuk mengobati penyakit tipes salah satunya dengan cara alami. Berikut ini ada beberapa informasi tentang cara mengobati tifus yang dapat anda ketahui.

Cara Mengobati Penyakit Tifus Secara Alami :

1. Buah Pepaya – Buah pepaya merupakan jenis buah yang dapat melancarkan perncernaan dan mengatasi peradangan pada usus. Tubuh membutuhkan asupan makanan seperti itu agara peradangan yang terjadi dapat segera teratasi. Makanan ini sangat dianjurkan bagi anda yang penderita tifus, namun anda juga harus memperhatikan kebersihannya dengan cara mencuci terlebih dahulu sebelum anda makan. Konsumsilah buah pepaya ini secara teratur agar tipes yang anda derita cepat sembuh.

2. Cacing Tanah – Mungkin hewan ini merupakan jenis hewan yang menjijikan. Tetapi asal anda ketahui, cacing tanah merupakan hewan yang memiliki manfaat tinggi bagi kesehatan salah satunya dapat mengobat penyakit tipes. Buat ramuan cacing sebagai obat dengan cara merebusnya kemudian setelah matang cacing dijemur hingga kering kurang lebih selama tiga hari. Setelah itu tumbuk cacing hingga halus kemudian anda bisa menambahkan sedikit madu untuk menghilangkan rasa anyir. Konsumsi ramuan ini secara teratur maka tipes yang anda derita akan segera sembuh.

3. Kunyit – Kunyit adalah jenis rempah-rempah yang biasa kita gunakan sebagai bumbu masakan. Namun selain itu kunyit juga memiliki manfaat lain yaitu sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit tipes. Ambil 2 atau 3 rimpang kunyit yang masih segar dan 2 lembar daun sambiloto. Haluskan kedua bahan ini kemudian untuk menyeduhnya anda dapat menggunakan air hangat. Minum secara teratur selama satu minggu agar tipes segera sembuh. Cara ini kerap digunakan jaman dulu sebagai obat tipes yang ampuh.

4. Timun – Selain sebagai makanan sehat penderita hipertensi, timun juga ampuh untuk mengobati tipes. Cara membuatnya parut 3buah timun kemudian parutan timun tersebut anda peras dan anda minum tiga kali sehari seperti minum obat.

Pengobatan secara tradisional ini tidak kalah manjurnya dengan pengobatan modern, bahkan cenderung lebih ampuh karena cara tradisional menggunakan ramuan herbal yang tidak menimbulkan efek samping seperti penggunaan bahan kimia yang dapat mengganggu organisme tubuh lainnya. Terimakasih.