Tips dan Cara Alami Mencegah Osteoporosis - Infotainment News Online Terkini

JagatTips

Tips dan Cara Alami Mencegah Osteoporosis

on

Tips dan Cara Alami Mencegah Osteoporosis

Sapujagat.com – Osteoporosis merupakan kondisi dimana seseorang mengalami penurunan kepadatan tulang karena tulang berpori dan menyebabkan tulang menjadi rapuh. Osteoporosis ini biasanya menyerang pada orang yang berusia lanjut walaupun kaum muda juga dapat beresiko terkena osteoporisis. Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami pengapuran pada tulang yaitu karena kurangnya nutrisi zat besi dan kalium. Kedua kandungan tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang agar tidak rapuh dan mudah patah.

Jenis makanan yang banyak mengandung zat besi dan kalsium salah satunya seperti daging dan susu. Minum susu setiap hari dapat mengurangi resiko terkena osteopirosis sebanyak 50%. Dari hasil penelitian menyebutkan bahwa wanita lebih beresiko terkena osteoporosis dibandingkan laki-laki. Selain kalsium dan zat besi, kekurangan esterogen juga dapat menyebabkan osteoporosis. Esterogen adalah hormon utama pada wanita yang mana hormon tersebut berfungsi untuk mendistribusikan kalsium kebagian dalam tulang.

Lalu bagaimana caranya agar kita terhindar dari osteoporosis? Berikut ini ada beberapa poin penting yang dapat mencegah kita dari resiko osteoporosis.

Tips dan Cara Alami Mencegah Osteoporosis :

1. Mengkonsumsi Kalsium – Seperti yang telah kami sebutkan tadi bahwa osteoporosis disebabkan karena kekurangan kalsium. Untuk itu tingkatkanlah jenis-jenis makanan yang memiliki sumber kalsium tinggi seperti sayur bayam, brokoli, wijen dan beberapa jenis sayur lainna. Kalsium digunakan untuk memberikan kepadatan pada tulang agar tulang semakin kuat dan tidak mudah patah.

2. Kontrol Berat Badan – Memiliki berat badan lebih terkadang banyak menimbulkan masalah. Selain masalah penampilan dan kesehatan, memiliki berat badan lebih atau obesitas juga dapat memicu kita terkena osteoporosis. Untuk itu pastikan berat badan anda selalu dalam ukuran normal.

3. Olahraga Teratur – Cara yang paling mudah untuk mencegah osteoporosis namun terkadang kita abaikan adalah olahraga. Olahraga menjadi hal yang penting dalam kesehatan karena dengan olahraga teratur maka tubuh kita akan tetap flesibel dan terhindar dari osteoporosis. Seperti halnya sebuah pedang, pedang akan berkarat dan tumpul jika tidak pernah kita gunakan dan begitu juga halnya dengan tulang pada tubuh anda.

4. Berjemur Dibawah Sinar Matahari – Sinar matahari dapat menjadi sumber vitamin D yang bagus bagi tubuh. Selain kalsium tubuh juga membutuhkan vitamin D untuk mencegah osteoporosis. Dengan berjemur dibawah sinar matahari, maka anda akan mendapat asupan tersebut. Waktu yang terbaik untuk berjemur yaitu pagi hari ketika mata hari terbit cobalah anda berjemur maka tubuh anda akan terasa hangat. Lakukan beberapa menit atau jam setiap hari dan cara ini juga dapat mencegah kita dari penyakit paru-paru basah.

5. Hindari Alkohol, Rokok dan Kopi – Sepertinya ketiga benda ini sudah sangat melekat erat dipikiran kita sebagai minuman yang negatif. Meskipun kopi memiliki beberapa manfaat yang baik untuk tubuh tetapi minuman ini cenderung lebih ke dampak negatif yang ditimbulkannya. Selain dapat merusak organ tubuh seperti jantung dan paru-paru, alkohol, rokok dan kopi juga dapat membahayakan keseshatan tulang anda. Minuman yang sehat adalah air putih, ganti kedua minuman tersebut dengan air putih agar tubuh anda sehat dan terhindar dari osteoporosis.

6. Konsumsi Teh Hijau – Salah satu jenis minuman yang dapat mencegah kita dari osteoporosis adalah teh hijau. Selain menyegarkan, minuman ini juga dapat menjaga kesehatan organ tubuh termasuk tulang. Teh hijau memiliki efek yang dapat membantu pembakaran lemak dan mempertahankan kepadatan tulang.

Osteoporosis merupakan serius yang harus anda perhatikan dengan baik. Cegah osteoporosis sedini mungkin agar kelak ketika kita sudah berusia tua lanjut tetap memiliki tubuh dan tulang yang kuat. Terimakasih.