Meninggal Karna Penyakit Multiple Sclerosis, Pepeng ‘Jari-Jari’ Jadi Trending Topic Dunia

40

pepeng jari jari wafat

 

Sapujagat.com – Selama bertahun-tahun Pepeng berjuang melawan penyakit langka, multiple sclerosis. Penyakit itu pun membuatnya menjadi lumpuh.

Kabar duka datang dari presenter sekaligus pelawak Pepeng. Pembawa acara ‘Jari-jari’ itu meninggal dunia pada Rabu (6/5/2015).

Sebelum meninggal, Pepeng sempat dilarikan ke Rumah Sakit Puri Cinere sekitar pukul 02.00 WIB. Di rumah sakit itu, ia dirawat di ruang ICU.

Kepergian Pepeng dengan cepat menjadi topik pembicaraan utama di media sosial. Dari pantauan merdeka.com, hingga Rabu siang, pukul 14.30 WIB, tanda pagar ‘Pepeng’ bertengger di trending topic dunia urutan kedelapan.

Ucapan belasungkawa pun mengalir dari beragam kalangan. Mulai dari wakil presiden, musisi, hingga masyarakat menuliskan rasa dukanya melalui akun media sosial mereka.

“Innalillahi wainnailaihi rojiun Turut berbelasungkawa atas wafatnya Ferrasta Soebardi /Pepeng. Semoga khusnul khotimah & keluarga diberi ketabahan,” tulis Wakil Presiden Jusuf Kalla melalui akun Twitter pribadinya.

“Selamat jalan om Pepeng “jari-jari” semoga istirahat dengan damai disisiNya,” tulis David Bayu, vokalis grub band Naif.

Ucapan belasungkawa juga diucapkan Radio Prambors, tempat dulu Pepeng pernah bersiaran.

“Prambors turut berduka cita atas kepergian komedian sekaligus mantan wadyabala Prambors, Ferrasta “Pepeng” Soebardi.”

Pepeng sendiri telah lama diketahui menderita penyakit Multiple Sclerosis. Penyakit itu bahkan harus membuatnya selalu berada di tempat tidur.

Ingin tahu apa itu Multiple Sclerosis? Dan apa penyebabnya? Mari simak ulasan menarik yang telah kami rangkum dari WebMD.

Biasa disingkat MS, Multiple Sclerosis adalah penyakit jangka panjang yang dapat mempengaruhi otak, sumsum tulang belakang, dan saraf optik di mata. Kondisi ini bisa menyebabkan masalah pada penglihatan, keseimbangan, kontrol otot, dan fungsi dasar tubuh.

Efek Multiple Sclerosis sering kali berbeda pada setiap orang yang menderitanya. Beberapa mengalami gejala ringan dan tidak memerlukan pengobatan yang serius. Lainnya bahkan akan mengalami kesulitan untuk bergerak dan melakukan kegiatan sehari-hari.

MS terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang materi lemak yang disebut myelin, yang membungkus serat saraf untuk melindungi mereka. Tanpa lapisan luar itu, saraf Anda bisa rusak dan jaringan parut dapat terbentuk.

Kerusakan itu kemudian membuat otak tidak dapat mengirim sinyal dengan benar. Saraf juga tidak bekerja sebagaimana mestinya untuk membantu Anda bergerak dan merasa. Akibatnya, Anda mungkin memiliki gejala seperti:

– Kesulitan berjalan
– Mudah lelah
– Kelemahan otot atau kejang
– Penglihatan kabur atau ganda
– Mati rasa dan kesemutan
– Masalah seksual
– Kandung kemih atau kontrol usus yang buruk
– Depresi
– Masalah fokus atau mengingat

Gejala awal MS biasanya dimulai antara usia 20-40 tahun. Lantas, apa penyebab MS?

Apa Penyebab MS?

Para ahli medis belum tahu pasti apa yang menyebabkan MS. Tetapi ada banyak hal yang tampaknya bisa memicu penyakit ini. Berikut adalah beberapa penyebab dari MS:

1. Orang-orang dengan genetik tertentu mungkin memiliki risiko lebih tinggi.

2. Merokok juga dikatakan bisa meningkatkan risiko MS.

3. Beberapa orang mungkin berisiko kena MS, setelah mereka terkena infeksi virus seperti virus Epstein-Barr atau virus herpes manusia 6, yang membuat sistem kekebalan tubuh berhenti bekerja normal. Infeksi tersebut dapat meningkatkan risiko MS atau membuatnya kambuh lagi. Para ilmuwan kini sedang mempelajari hubungan antara virus tersebut dan MS, tetapi mereka belum memiliki jawaban yang jelas.

Beberapa studi menunjukkan bahwa vitamin D, yang dapat Anda peroleh dari sinar matahari, dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi Anda dari MS. Beberapa orang yang memiliki risiko lebih tinggi terkena MS disarankan untuk pindah ke daerah yang lebih cerah, karena itu dikatakan bisa menurunkan risiko MS.