Inilah Ciri – Ciri Dan Harga Batu Akik Kembang Johar

301

Inilah Ciri - Ciri Dan Harga Batu Akik Kembang Johar

Keunikan Batu Akik Kembang Johar yang dipasaran juga disebut Batu Mentaos ini adalah pada warnanya yang jika sudah tua akan berwarna seperti minyak zaitun yang mengental.

Selain itu, tentu saja batu ini berharga jutaan rupiah dan menyaingi harga Batu Bacan serta menjadi incaran kolektor dalam dan luar negeri adalah karena kelangkaannya. “Batu Kembang Johar biasanya ada di wilayah perbatasan antara Cirebon-Indramayu lokasinya di persawahan warga.

Namun bongkahan yang ada biasanya kecil-kecil sehingga batunya jarang alias langka,” kata kolektor batu di Cirebon, Jirjes Jauhari.

Inilah ciri-ciri dan harga batu akik Kembang Johar :

Batu Kembang Johar ini berwarna kuning. Batu ini banyak diburu para kolektor. Tak heran harganya paling murah saja Rp 1,5 juta. Itu pun kalau beruntung bertemu pedagang yang mau menjualnya. Di pasar batu Kanoman saja hanya ada satu dua pedagang yang memiliki stok barang.

“Batu Kembang Johar ini galian dari Gunung Jati, Cirebon,” jelas Dasep seorang pedagang , Jumat (08/05/2015).

Gunung Jati itu tanah milik keraton Cirebon. Jadi tak sembarang bisa melakukan penggalian. Alhasil, Batu Kembang Johar pun cukup langka dan sulit didapatkan.

Sebenarnya ada batu lain selain Kembang Johar, ada Katilayu, Ambar Jati, dan Ambar Kelor. Batu-batu ini umumnya galian di tanah keraton, baik yang di Cirebon maupun Indramayu.