Timnas U-23 Kalah Di Semifinal Sea Games 2015, Inilah 3 Alasan Pelatih Aji Santoso

51

Timnas U-23 Kalah Di Semifinal Sea Games 2015, Inilah 3 Alasan Pelatih Aji Santoso

Timnas u-23 sepakbola Indonesia gagal meraih tiket ke final setelah dibantai Thailand 5 gol tanpa balas. Ajang sepakbola Internasional ini merupakan ajang terakhir Indonesia melakukan pertandingan Internasional karena sanksi dari FIFA.

Meski gagal maju ke final, Timnas masih memiliki kesempatan untuk setidaknya menjaga kehormatan mereka sebagai salah satu negara yang pantas diperhitungkan. Caranya, tentu dengan memenangi laga perebutan medali perunggu kontra Vietnam, Senin 15 Juni 2015.

Skuat Aji Santoso takluk dari Thailand dengan skor mencolok 5-0, kebugaran menjadi faktor utama kekalahan timmas kali ini. Evan Dimas dan kawan-kawan terlihat tak mampu meladeni permainan cepat para pemain Thailand.

Setelah tertinggal dua gol di babak pertama, Timnas tak mampu bereaksi. Mereka justru makin terbawa permainan Thailand sehingga kebobolan tiga gol tambahan.

Aji Santoso menilai ada tiga hal yang membuat timnya kalah di pertandingan ini.

“Pertama, harus kita akui bahwa Thailand lebih bagus dari kita, persiapannya juga,” ujar Aji saat ditemui di lorong menuju ruang ganti.

“Yang kedua, kita dua kali hanya punya waktu recovery 24 jam. Itu sangat tidak cukup, disamping mereka lebih bagus dan lebih fresh,” lanjutnya.

Ketidakhadiran Abduh Lestaluhu (bek kiri) dan Agung Saputro (bek tengah) yang harus menjalani sanksi akumulasi kartu juga diakui Aji sedikit banyak mengganggu performa timnya.

“Tidak adanya dua pemain inti juga cukup mempengaruhi. Dan gol-golnya juga karena kurang konsentrasi kita,” imbuh pelatih asal Malang ini.