SIDANG ISBAT 2015, Kamis, 18 Juni Awal Ramadhan 2015 - Infotainment News Online Terkini

JagatNews

SIDANG ISBAT 2015, Kamis, 18 Juni Awal Ramadhan 2015

on

sidang isbat 2015

 

Sapujagat.com –  Sidang isbat dipimpin oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin secara aklamasi memutuskan awal Ramadan 1436 Hijriyah/2015 Masehi jatuh pada Kamis, 18 Juni 2015.

Mengapa Sidang Isbat akan dilakukan secara tertutup. Machasin pun menjelaskan alasannya bahwa itu permintaan dari Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) meskipun pihaknya memang telah berencana menggelar Sidang Isbat secara tertutup.

Sebelumnya, Kementerian Agama Republik Indonesia menggelar Sidang Isbat pada tanggal 16 Juni 2015 mulai jam 16.00 WIB untuk menentukan awal puasa Ramadan 1436 Hijriah. Sejumlah ulama, perwakilan organisasi kemasyarakatan Islam dan ahli ilmu falak/astronomi di undang dalam Sidang Isbat tersebut.

Apabila ada yang melihat hilal hari ini, maka besok, Rabu (17/6/2015), akan dimulai puasa. Namun, jika hilal tidak terlihat, maka digenapkan Syaban jadi 30 hari dan Ramadan akan dimulai Kamis (18/6/2015).

Sementara itu, Muhammadiyah sudah lebih dulu menetapkan awal puasa memulai 1 Ramadan 1436 Hijriyah pada Kamis (18/6/2015).

Hal ini berdasarkan hasil hisab Ramadan sesuai hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat Rusydi AM di Padang, Sumatera Barat, mengatakan memulai awal Ramadan sesuai dengan hasil hisab hakiki wajudul hilal sebagaimana yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid.

Dia mengatakan penetapan awal puasa berpedoman pada keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang jauh-jauh hari sudah diumumkan.

Meski demikian, dia mengimbau semua masyarakat untuk saling menghormati apabila terjadi perbedaan penetapan awal Ramadan sehingga tidak terjadi perpecahan antara sesama muslim.

“Jika terjadi pertikaian awal Ramadan akibat perbedaan pemahaman, maka kita akan hormati itu,” kata dia.

Dia menambahkan Muhammadiyah Sumatera Barat telah menyampaikan ketetapan awal Ramadan tersebut kepada semua pengurus yang ada di masing-masing kabupaten dan kota di Sumatera Barat.

 

Recommended for you