Inilah Khasiat Buka Puasa Dengan Kurma - Infotainment News Online Terkini

JagatTips

Inilah Khasiat Buka Puasa Dengan Kurma

on

khasiat berbuka puasa dengan buah kurma

 

Sapujagat.com – Membatalkan puasa dengan buah kurma dan berdo’a sebelum berbuka puasa adalah tuntunan yang tercantum dalam sebuah hadist ..”Rasulullah akan berbuka puasa dengan buah kurma segar yang telah masak sebelum kemudian melanjutkan dengan sholat. Jika kurma segar tidak tersedia, Beliau akan makan kurma kering. Jika kurma kering juga tidak tersedia, maka Beliau akan meminum air.” Lantas mengapa berbuka puasa harus dengan kurma? Apa alasan medisnya sehingga dunia kedokteran barat juga sangat menyarankannya?

Buah ini merupakan sumber dari banyak vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin A, B, asam folat, kalium, zat besi, natrium alami, dan magnesium. Makan kurma setiap hari selama bulan Ramadhan sama saja artinya dengan mengkonsumsi multivitamin setiap hari. Ini akan membuat tubuh menjadi lebih kuat dan sehat serta sangat cocok bagi orang yang berpuasa. Selain itu, buah kurma juga merupakan sumber serat alami yang penting bagi sistem pencernaan. Kurma akan menjaga lambung dan sistem pencernaan dari gangguan bakteri dan parasit.

Sejak zaman dahulu buah kurma sudah digemari umat Muslim. Buah ini adalah salah satu makanan yang paling sering dikonsumsi oleh Rasulullah. Ketika dahulu ilmu pengetahuan belum semaju sekarang, umat Islam hanya tau bahwa apa yang diajarkan dan dicontohkan oleh Rasulullah adalah sebuah kebaikan. Umat Muslim seluruh dunia mengikuti apa yang diajarkan tersebut semata-mata untuk mengenang Beliau dan meyakini bahwa apa yang diajarkan adalah sebuah kebaikan.

Kini begitu ilmu pengetahuan sudah sangat maju, semua apa yang diajarkan Rasulullah terbukti benar. Bahkan ilmu kedokteran barat menjuluki buah kurma sebagai makanan super (makanan yang hampir sempurna). Cara Rasulullah dalam mengkonsumsi yang hanya 3 atau 5 butir kemudian dilanjutkan dengan shalat, dan baru setelahnya melanjutkan dengan makan besar juga sesuatu yang dibenarkan oleh para ahli nutrisi saat ini. Tubuh memerlukan waktu sejenak untuk mencerna kurma dan mempersiapkan organ pencernaan bagi makanan besar yang akan masuk kemudian. Langsung makan besar saat waktu berbuka tiba dikatakan dapat merusak tubuh dalam jangka panjang.

Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah alasan mengapa makan kurma saat puasa wajib hukumnya

Meningkatkan energi
Mengonsumsi kurma mampu memberikan Anda suntikan energi yang sangat cepat sehingga Anda akan langsung berenergi begitu berbuka puasa. Hal ini disebabkan karena kurma kaya akan glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

Mengurangi kolesterol
Selama bulan puasa, tubuh berada dalam proses mengeluarkan racun terus-menerus. Makan kurma sendiri membantu dalam proses mengeluarkan kolesterol jahat dari tubuh sehingga hati dan otak Anda menjadi sehat.

Membunuh infeksi
Beberapa jenis kurma mampu membunuh infeksi bakteri di dalam tubuh selain bertindak sebagai antibiotik yang kuat. Banyak penelitian pula yang menyebutkan bahwa kurma sama efektifnya dengan antibiotik penisilin.

Mencegah sembelit
Kurma kaya akan serat yang dapat membantu Anda mencegah sembelit. Makan kurma juga dapat meningkatkan gerakan peristaltik yang penting untuk mengeluarkan kotoran dari dalam usus besar.

Memperkuat tulang
Tingginya kandungan mineral di dalam kurma seperti tembaga, selenium, magnesium, dan kalsium diperlukan untuk memperkuat tulang.

Mencegah kanker
Kandungan zat antioksidan dalam kurma dapat menghilangkan radikal bebas dan racun dari dalam tubuh. Kurma akan mendetoksifikasi sel-sel kanker serta dapat mencegah penuaan dini.

Mengobati anemia
Kurma kaya akan zat besi. Mengonsumsi kurma secara rutin membantu dalam pembentukan hemoglobin yang penting untuk kesehatan sel darah merah dan sirkulasi oksigen dalam tubuh sehingga mampu mengobati anemia.

Mencegah stroke
Kurma yang tinggi akan magnesium baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Penyumbatan arteri pun akan terhindarkan sehingga mencegah stroke dan serangan jantung.

Memperkuat kehamilan
Anda sedang hamil saat puasa? Coba perbanyak konsumsi kurma sebab kurma mampu menjaga kesehatan sirkulasi dan sistem tubuh.

Mengurangi tekanan darah
Mereka yang menderita darah tinggi sebaiknya mengonsumsi kurma. Hal ini disebabkan karena kalium dan magnesium di dalamnya dapat menormalkan tekanan darah.

Selain dikonsumsi secara langsung, kurma juga bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Tak hanya enak juga menyehatkan.

Recommended for you