Bagi Anda Yang Mempunyai Maag, Hindari 5 Makanan Ini Saat Berbuka Puasa !

48

 

Bagi Anda Yang Mempunyai Maag, Hindari 5 Makanan Ini Saat Berbuka Puasa !

Pada saat bulan puasa, sudah barang tentu kita menahan hawa nafsu, menahan haus, dan lapar. Nah, saat berbuka pasti dong kita ‘balas dendam’ dengan memakan semua makanan dan minuman agar dahaga dan lapar kita hilang. Tetapi harus hati-hati bagi anda yang mempunyai penyakit maag, tidak boleh makan sembarangan jika tidak ingin maag anda kambuh.

Orang yang memiliki sakit maag perlu memperhatikan pola makan mereka selama bulan Ramadan. Alih-alih menyantap sesuatu yang dapat memicu naiknya asam lambung, penderita sakit maag disarankan untuk memilih makanan yang lebih ramah di lambung. Nah, berikut adalah lima makanan yang harus dihindari oleh penderita sakit maag saat puasa.

1. Cokelat

Ini mungkin menjadi kabar buruk bagi para pecinta cokelat. Namun, cokelat bisa menyebabkan kenaikan asam lambung dibanding makanan lain. Hal itu dikarenakan cokelat mengandung kafein dan stimulan seperti theobromine, yang dapat memicu naiknya asam lambung.

2. Soda

Minuman bersoda dapat memicu naiknya asam lambung. Gelembung soda yang terjebak dalam perut dapat meningkatkan risiko naiknya asam lambung. Selain itu, minuman bersoda juga mengandung kafein dan juga bersifat asam, dan itu bisa memperburuk kondisi penderita sakit maag.

3. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng atau mengandung banyak lemak dapat menjadi pemicu naiknya asam lambung. Bagi Anda pecinta camilan gorengan, sebaiknya hindari makanan tersebut selama puasa karena bisa menyebabkan naiknya asam lambung.

4. Produk susu tinggi lemak

Semua makanan tinggi lemak dapat menyebabkan kenaikan asam lambung. Dan bila Anda memiliki riwayat sakit maag, sebaiknya hindari produk susu tinggi lemak, seperti keju.

5. Daging tinggi lemak

Kenaikan asam lambung dapat disebabkan oleh jenis daging tinggi lemak seperti sapi atau kambing. Sebab, lemak mereka mengendap lama di perut dan dapat meningkatkan risiko kenaikan asam lambung. Anda tetap boleh mengonsumsi jenis daging tersebut, namun sebaiknya batasi sekali seminggu.

Sudah paham dong tentang ulasan kita diatas tentang 5 makanan yang harus dihindari bagi penderita maag saat bulan puasa, semoga informasi ini dapat membantu anda yah, terimakasih.