Amien Rais : “Kita dijajah di bidang ekonomi dan kebijakan militer kita”

62

amin rais sebut indonesia dijajah secara halus

 

Sapujagat.com – Islamofobia adalah istilah kontroversial yang merujuk pada prasangka dan diskriminasi pada Islam dan Muslim. Istilah itu sudah ada sejak tahun 1980-an, tapi menjadi lebih populer setelah peristiwa serangan 11 September 2001. Pada tahun 1997, Runnymede Trust seorang Inggris mendefinisikan Islamofobia sebagai “rasa takut dan kebencian terhadap Islam dan oleh karena itu juga pada semua Muslim,” dinyatakan bahwa hal tersebut juga merujuk pada praktik diskriminasiterhadap Muslim dengan memisahkan mereka dari kehidupan ekonomi, sosial, dan kemasyarakatan bangsa.

Politisi senior Amien Rais menyatakan bahwa kondisi keislaman di dunia khususnya Indonesia sedang mengalami guncangan. Islamofobia yang terjadi diseluruh lapisan sosial masyarakat di luar negeri mempengaruhi kesatuan masyarakat muslim dan perekonomian di Indonesia.

“Islamisasi memang saat ini terjadi diberbagai tempat, namun itu bertolak belakang dengan runtuhnya negara Irak yang merupakan simbol Islam Teluk Timur Tengah,” ujar Amien di kediaman Akbar Tandjung di Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat (18/6).

Amien mengatakan bahwa Islamofobia terjadi dengan berbagai cara, misalkan dengan halus maupun keras seperti yang dialami oleh Irak dan Libya yang dijajah oleh Amerika secara militer.

Amien mengatakan Indonesia tergolong sedang dijajah dengan cara halus, karena Indonesia tergolong negara yang tenang, sehingga dijajah melalui kebijakan. “Indonesia saat ini sedang diteropong oleh Amerika, tak perlu dijajah secara negara, karena dimata dunia Indonesia dianggap anak yang manis,” ujarnya.

Amien mengatakan dampak dari intervensi asing terhadap pemerintah terlihat dari seluruh kebijakan yang dikeluarkan selalu menguntungkan pihak asing. Sehingga, secara keseluruhan, bangsa Indonesia terjajah secara sistem. “Kita dijajah di bidang ekonomi dan kebijakan militer kita,” ujarnya.

Amin menyatakan bahwa kebijakan pemerintah yang berpihak kepada asing mempengaruhi kemerosotan ekonomi. Sebab, hingga kini dirinya mengaku tidak mengetahui apa saja yang telah dihasilkan dari berbagai kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dalam beberapa bulan terakhir.

Lebih lanjut, Amien mengaku dahulu pernah bertemu dengan beberapa petinggi negara Islam Timur Tengah. dalam pertemuan tersebut Amien menyatakan dirinya satu pemikiran bahwa negara muslim mengalami kemerosotan yang dalam dampak dari Islamofobia yang dilakukan oleh pihak-pihak yang anti Islam.