Waduh Didalam Tubuh Kita Ada DNA Alien Loh ! - Infotainment News Online Terkini

JagatNews

Waduh Didalam Tubuh Kita Ada DNA Alien Loh !

on

Waduh Didalam Tubuh Kita Ada DNA Alien Loh !

Gen tidak hanya melompat, tetapi secara aktif melakukan perubahan. “Manusia dapat menjadi tempat bagi gen asing yang dapat membentuk evolusi,” ujar Alastair Crisp, seperti yang ditulis laman Inggris, BBC, Ahad, 21 Juni 2015. Pada manusia, gen asing yang dimaksudkan itu berkaitan dengan mahluk asing atau biasa dikenal sebagai alien.

Gen pada manusia biasanya diturunkan dari orang tua kepada anaknya. Namun ternyata, gen tersebut bisa berpindah dari satu spesies ke spesies lain. Ilmuwan University of Cambridge di Inggris melakukan penelitian mengenai gen yang mampu melompat dan menjadi spesies yang sama sekali berbeda.

Selain manusia, transfer gen juga dapat terjadi pada hewan. Crisp mencontohkan, evolusi berperan penting terhadap lahirnya cacing nematoda yang berasal dari tumbuhan. Dia mengklaim penelitian tersebut merupakan yang pertama. Crisp bersama rekannya menemukan 145 gen alien yang bersarang di genom manusia.

Gen tersebut relatif baru dibandingkan gen asing yang berasal dari tanaman, hewan, jamur, dan bakteri. Gen asing yang masuk pun menghasilkan protein yang berguna bagi tubuh. “Lewat cara ini gen dapat bertahan,” kata Crisp. Beberapa gen nantinya berfungsi menentukan golongan darah. Sebagian lainnya mengatur metabolisme tubuh.

Rute perjalanan gen biasanya menurun mengikuti generasi. Namun pada beberapa kasus terdapat perubahan yang dikenal sebagai mutasi. Lewat beberapa penelitian, mutasi gen dapat menghasilkan spesies baru. Spesies inilah yang dalam jangka panjang memberikan keanekaragaman alam.

Penelitian Crisp sebelumnya dipublikasikan di jurnal Genome Biology yang diterbitkan pada Maret 2015. Dia menyadari bahwa risiko bakal muncul. “Ini bisa jadi bakal mengubah pemahaman mengenai teori transfer gen horizontal yang ssebelumnya sudah ada,” ucap dia.

Recommended for you